close
NUSANTARA

Bentuk “Klomper” Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Pangan di Rutan Sambas

PRN SAMBAS |  Dalam rangka memberikan pembinaan kemandirian untuk program ketahanan pangan dibidang pertanian, Karutan Kelas IIB Sambas didampingi petugas dibidang pembinaan kemandirian melakukan pengarahan dan diskusi di Ruang Layanan WBP terhadap narapidana yang mengikuti kegiatan kerja dibidang pertanian Jum’at/24-07.

Kegiatan penguatan tersebut melibatkan narapidana Rutan Sambas sebanyak 25 orang.

Dalam sambutannya Karutan Sambas, Priyo Tri Laksono mengatakan akan mendukung program ketahanan pangan bagi narapidana Rutan Sambas, mengingat lahan di area rutan sambas sangatlah produktif untuk program pertanian. Untuk itu dengan kegiatan rapat dan diskusi ini bisa memberikan pemahaman dan pengalaman bagi narapidana untuk bisa memaksimalkan lahan pertanian di area Rutan sambas.

“kami akan dukung segala kegiatan yang berhubungan dengan program ketahanan pangan terutama dibidang pertanian, mengingat masih banyak lahan dan area lingkungan kantor yang harus dimaksimalkan pengelolaannya. selain itu agar kegiatan pertanian di Rutan Sambas ini bisa memberikan pemasukan ke kas negara yaitu berupa PNBP,” ungkapnya.

Priyo menambahkan akan memberikan ketrampilan dalam bidang pertanian dengan menggandeng dinas pertanian dan BLK kabupaten sambas untuk bisa berkolaborasi dalam pembinaan kemandirian di Rutan Sambas sehingga mereka yang berada di dalam bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam bidang pertanian yang nantinya juga mendapatkan sertifikat.

Dalam kesempatan itu handri Mamudi dan Vega petugas bagian pembinaan kemandirian juga memberikan pengarahan dan membentuk KLOMPER (kelompok pertanian) bagi narapidana untuk bisa memaksimalkan lahan pertanian yang ada di area lingkungan rutan sambas. Pembentukan klomper ini bertujuan untuk melakukan pembagian area penanaman sehingga lahan pertanian yang ada di lingkungan Rutan ini bisa dikelola dengan sebaik-baiknya,

“kita bentuk klomper (kelompok pertanian) agar bisa melakukan pengelolaan lahan yang ada agar maksimal. Dengan pembagian menurut kelompoknya, mereka akan bertanggung jawab terhadap pengelolaan lahan area yang menjadi tugasnya, dengan harapan nantinya hasil dari pertanian tersebut bisa maksimal,” terang handri mamudi.

Diakhir kegiatan penguatan terhadap narapidana juga ditampilkan video kegiatan kerja Lapas/Rutan UPT Lain, sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan sehingga akan bisa memberikan semangat dalam pengelolaan lahan pertanian dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di Rutan Sambas. (red)

Tags : Penguatan Ketahanan PanganSambar

Leave a Response

*