close
KABAR JATIM

Menjelang Pelaksanaan Pilkada 2020 Di Kabupaten Sumenep Jumlah DPS Berkurang Puluhan Ribu

dok.PRN. Hairul Anwar saat dikonfirmasi di ruang kerja

PRN Sumenep | Banyaknya jumlah dengan puluhan ribu Daftar Pemilih Sementara (DPS) di kabupaten Sumenep yang berkurang dibanding dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilpres di tahun 2019 kemarin, di saat menjelang pelaksanaan pilkada 2020, kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep menjadi sorotan publik.

Bedasarkan data jumlah DPS Pilkada di kabupaten Sumenep 2020 sebanyak 823.553 pemilih, dibanding dengan jumlah DPT Pilpres/Pileg di tahun 2019 kemarin sebanyak 868.171 pemilih. sehingga selisih sebanyak 44.618 pemilih.

Dengan hal itu membuat Hairul Anwar selaku tim sukses dari salah satu calon merasa aneh dengan kinerja KPU di kabupaten Sumenep, karena selisihnya yang berjumlah puluhan ribu tidak masuk akal. “Ini aneh, Biasanya jumlah pemilih itu bertambah sejalan dengan bertambahnya penduduk dan yang berumur 17th berhak memilih”. Ucap Hairul Anwar dengan tegas.

Dia melanjutkan bahwa, Berkurangnya itu karena 2 sebab, meninggal dunia atau pindah domisili. Dia merasa tidak mungkin jumlah yang meninggal dan yang pindah domisili mencapai 44rb pemilih lebih dlm kurun 2th,

“Diduga apa DPT Pilpres/Pileg 2018 salah atau berarti pemungutan suara 2018 tidak valid, dari karena itu KPU wajib menjelaskan ini, dan Bawaslu memantau secara ketat proses DPS dan DPT Pilkada Sumenep nanti”. Tutup Hairul Anwar.

Sampai berita ini tayang tidak ada penjelasan dari pihak KPU Sumenep, sedangkan konfirmasi awak media melalui chatting WhatsApp kepada Syaifurrahman KPU Devisi Data hanya dilihat saja. Sedangkan Rofiki KPU Divisi SDM&Parmas melalui chat WA mengarahkan konfirmasi awak media ke saudara Syaifurrahman. (erfandi)

Tags : Daftar Pemilih TetapSumenep

Leave a Response

*