close
HUKUMKABAR JATIMKRIMINAL

Kades Aengtongtong ditetapkan Tersangka, Pengacara Supyadi Gelar Jumpa Pers

PRN SUMENEP | Berdasarkan laporan polisi nomor : LP/82/IV/2020/JATIM/RES SUMENEP, tanggal 14 April 2020. Dari status saksi, Hadi Sudirfan Kades terpilih Aeangtongtong menjadi tersangka.

Hal itu disampaikan oleh Supyadi SH, MH, selaku kuasa Hukum dan didampingi 8 perangkat Desa Aengtotong yang diberhentikan oleh Hadi Sudirfan, yang digelar jumpa pers di rumah makan mamimuda, sebelah timur taman bunga Sumenep, Rabu 03/02/2021, sekitar pukul 14.00 wib.

“Saudara Hadi Sudirfan yang menjabat sebagai Kepala Desa Aengtongtong saat ini naik statusnya dari saksi menjadi tersangka, sesuai dengan pasal 310 ayat (1) dan (2), dan juga pasal 311 ayat (1) KUHPidana, yaitu tentang tindak pidana dengan sengaja menuduh melakukan perbuatan yang nyata atau menista, memfitnah dengan tulisan, dan itu menjadi bagian tahapan proses pemberhentian perangkat desa kemarin,” ucap Ach. Supyadi.

Dalam acara tersebut, Ach Supyadi membeberkan persoalan perkara kliennya yang diberhentikan secara sepihak oleh Kades terpilih

“Berbagai upaya telah kami lakukan demi menegakkan sebuah keadilan untuk 8 orang perangkat desa yang diberhentikan sepihak tersebut. Gugatan hukum ke PTUN Surabaya sudah berhasil kami menangkan, namun sekarang kami melakukan terobosan hukum berupa laporan pidananya ke Kepolisian Resort ( POLRES ) Sumenep,” Tegas Ach Supyadi kepada sejumlah wartawan.

Lanjut Supyadi, “Terhadap laporan itu, Penyidik telah melakukan pemeriksaan kepada para saksi, termasuk saksi korban, serta kepada terlapor Hadi Sudirfan. Dan dilakukan pemeriksaan terhadap ahli bahasa dan ahli pidana,” ujarnya.

Dari gelar perkara yang dilakukan, Jumat 29/01/ 2021, bahwa status terlapor Hadi Sudirfan (Kades Aengtongtong), yang semula sebagai saksi kini beralih menjadi tersangka, sesuai dengan SP2HP dan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP), kepada Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep.

“Kami sepakat bahwa kami semua akan terus mengawal jalannya proses hukum ini sampai tuntas, dan kita berkomitmen tanpa lelah demi menuntut keadilan sampai keadilan yang terang bisa di capai,” tutup Ach Supyadi SH, MH.
(Erfandi).

Tags : Kades TersangkaSumenep

Leave a Response

Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021