close
LAWAN KORUPSINUSANTARA

Baru Dibangun Irigasi Sudah Ambruk, Proyek Terkesan Abal-abal

PRN LAMPUNG| Bangunan proyek saluran irigasi pesawahan yang menelan anggaran milyaran rupiah, yang pengerjaanya rampung pada Desember tahun 2020 kini sudah banyak yang ambruk. Bangunan proyek berada di Desa Kota Jawa, Kecamatan waykhilau, Kabupaten Pesawaran. Jumat (12/2/2021).

Ambruknya bangunan saluran irigasi yang pengerjaanya baru saja selesai di bulan desember 2020 di keluhkan oleh beberapa petani setempat. Masyarakat desa pengguna saluran irigasi mempertanyakan rancangan proyek yang menghabiskan dana miliyaran rupiah ini.

“Kami heran kenapa bangunan baru kok mudah ambruk, padahal mestinya kuat menahan tekanan air,” ungkap warga yang tidak bersedia disebut namanya.

Melanjutkan keterangan warga, masyarakat menduga adanya penyimpangan atas pelaksanaan proyek utamanya dalam penggunaan bahan maupun spek bangunan.

“Kalau memang pengerjaan nya bagus kenapa banyak sekali titik yang ambrol, pernah juga yang sebelah sana mas tapi sekarang sudah di perbaiki oleh pihak pemborong, nah sekarang ambrol kembali hanya titik nya saja yang berbeda,” jelasnya pada awak media.

Dari hasil penelusuran di lapangan, PRN menemukan bahwa ambruknya bagunan irigasi berada pada beberapa titik yang berbeda-beda. Selain itu, proyek juga tidak dilengkapi dengan papan Informasi Proyek.

Awak media mencoba mengkonfirmasi pelaksan proyek. Dihubungi melalui sambungan seluler, Adal, selaku pelaksana proyek saluran irigasi mengatakan bahwa ambruknya bangunan irigasi tersebut di karnakan curah air hujan yang sangat deras dan besarnya hantaman air di wilayah tersebut.

“iya mas saya sudah tau ambrolnya irigasi pekerjaan saya, dan akan segera di perbaiki kembali, karna itu masih tanggung jawab saya, bahkan yang ambrol di bulan yang lalu
pun sudah saya perbaiki kembali,” pungkasnya.

Awak media pernah komfirmasi ke pihak dinas terkait tapi tidak pernah ada tanggapan dari dinas PUPR kabupaten pesawaran. (Muhaidin)

Tags : Audit ProyekLampung

Leave a Response

Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021