close
HUKUMKABAR POLISI

Kerap Serobot Hak Masyarakat, Kapolri Bidik Mafia Tanah di Seluruh Nusantara

PRN SURABAYA| Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya agar tidak ragu mengusut tuntas kasus tindak pidana mafia tanah di seluruh Indonesia.

Arahan Kapolri sejalan dengan instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo yang menegaskan praktik tindak pidana mafia tanah harus betul-betul dihapus.

“Karena masalah mafia tanah menjadi perhatian khusus Bapak Presiden, dan saya diperintahkan Bapak Presiden untuk usut tuntas masalah mafia tanah,” kata Sigit dalam keterangan yang langsir dari Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Hukum IAIN Bone pada Juli 2020, diuraikan bahwa sengketa tanah pada tahun 2019 yang terdaftar di pengadilan mencapai angka 8.959 kasus.

Problem Agraria di Negeri ini tampaknya bukan sesuatu yang baru. Oleh Karena itu, pemegang tongkat komando kepolisian ini meminta jajarannya untuk bekerja maksimal dalam menegakkan proses hukum yang berkaitan indikasi mafia tanah.

Sebagai aparat penegak hukum, kata Sigit, polisi harus menjalankan tugasnya untuk membela hak yang dimiliki dari masyarakat.

Siapa pun yang melindungi para aktor di balik sindikat mafia tanah juga harus ditindak tegas.

“Saya perintahkan untuk seluruh anggota di seluruh jajaran untuk tidak ragu-ragu dan usut tuntas masalah mafia tanah, kembalikan hak masyarakat, bela hak rakyat tegakkan hukum secara tegas,” ujar dia.

Praktisi hukum Iskandar laka S.H., M.H., mengapresiasi langkah tegas Kapolri. Menurutnya proses penegakan hukum terkait mafia tanah harus diusut tuntas tanpa pandang bulu.

Dosen hukum salah satu Universitas di Surabaya ini menyampaikan bahwa akibat yang ditimbulkan oleh permainan mafia tanah ini sungguh sangat menciderai rasa keadilan di tengah masyarakat. Baik secara yuridis maupun sosial.

“Semoga konsep Presisi atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan yang diusung oleh Kapolri sungguh menjadi solusi di tengah bangsa ini,” tutup Iskandar. (Red)

Tags : KapolriMafia Tanah

Leave a Response

Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021