26 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMAngin Puting Beliung Membuat Wilayah Sumenep Porak-poranda

Angin Puting Beliung Membuat Wilayah Sumenep Porak-poranda

PRN SUMENEP | Ganasnya pusaran angin puting beliung (Palak taon) yang terjadi di Kabupaten Sumenep telah memporak-porandakan beberapa desa yang ada di bumi Sumekar ini, Sabtu 03/04/2021, sekitar pukul 13.00 wib.

Wilayah yang terdampak akibat pusaran angin puting beliung ada 3 desa yang diantaranya; Desa Karanganyar dan Desa Pinggirpapas Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, serta Desa Longos Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.

Adanya angin puting beliung tersebut telah membuat warga sekitar semburat dengan jeritan histeris dan beberapa bangunan yang ada disekitar rusak parah, pohon besar tumbang kejalan raya, tiang listrik roboh serta beberapa korban luka (bencana alam).

Berdasarkan informasi yang didapat awak media dari Humas Polres Sumenep, korban akibat pusaran angin puting beliung diantaranya;

Korban luka ringan sebanyak 3 orang; Listiyani (40 tahun), warga Dusun Ageng, RT 5 RW 3 Desa Pinggirpapas, mengalami luka pada dahi kepala, Iyan muryanto (36 tahun), warga Dusun Panggung Desa Karanganyar, mengalami luka memar di kepala, Aira (11 tahun),  Dusun Ageng RT.3 RW.5 Desa Pinggirpapas, mengalami luka ringan pada punggung.

Kerugian material di Desa Karanganyar ada 12 Lokasi kejadian yang diantaranya;
10 unit rumah di Dusun Gedung, satu bangunan Masjid Hairul Jannah di Dusun Gedung, atap Gudang PT. Garam Persero, dua tiang PLN roboh di pinggir jalan Desa Karanganyar mengakibatkan listrik padam.

Sedangkan kerugian di Desa Pinggirpapas ada 8 unit rumah warga yang rusak di Dusun Ageng.

Dari kejadian tersebut Kepolisian Kalianget mendatangi lokasi kejadian untuk membantu para korban pemilik rumah yang mengalami kerusakan serta menolong para korban luka.

Selain itu, di jalan Arya Wiraraja lingkar timur Desa Gunggung Kabupaten Sumenep, terjadi pohon asam yang tumbang kejalan raya yang tertimpa pada Truk Box dengan Plat polisi bernomor M-9002-BC. Yang dikendarai oleh Supir Zainol Holis, warga Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, dengan Kernet Zainal, warga Pentenan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.

Yang mana dari kejadian tersebut mengakibatkan kemacetan lalu lintas, selama petugas yang melakukan evakuasi itu berjalan dengan lancar sampai sekitar pukul 15.30 Wib, tanpa kendala.

Dalam kejadian tersebut telah di lakukan evakuasi dan pengamanan oleh; Anggota Sabhara Polres Sumenep, Anggota Polsek Sumenep Kota, Petugas BPBD Kabupaten Sumenep, Petugas Telkom dan Petugas PLN, serta Warga sekitar.

Lanjut, sekitar pukul 13.10 wib, di Jalan Raya Dungkek Desa Longos Kecamatan Gapura juga terjadi Pohon roboh kejalan raya akibat puting beliung yang mengakibatkan akses jalan utama menuju Dungkek dan sebaliknya menuju Kota Sumenep macet.

Sehingga anggota Polsek Gapura, dan anggota Koramil Gapura mendatangi TKP melaksanakan pengaturan jalan dengan dibantu warga untuk memotong pohon dengan Gergaji senso.

(Deddy/Erf)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya