23.8 C
Mojokerto
BerandaMETRO JABODETABEKPENANAMAN NILAI PANCASILA PADA ANAK SEKOLAH DASAR

PENANAMAN NILAI PANCASILA PADA ANAK SEKOLAH DASAR

PRN BEKASI | Penanaman Nilai Pancasila sangat tepat bila ditanamkan pada pendidikan anak sejak masih usia dini, khususnya pada nilai – nilai pendidikan sekolah dasar.

Anak sangat membutuhkan bimbingan dari orang lain terutama orangtua untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan permainan, lagu, rekreasi serta cara-cara lain yang menyenangkan bagi anak. Namun, anak usia dini juga perlu untuk diberikan pendidikan di sekolah, agar penanaman nilai Pancasila tertanam lebih mendalam dalam jiwanya. Menanamkan moral pada anak sejak usia dini juga sangat diperlukan. Dengan demikian, anak bisa mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila, agar dia tumbuh menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia yang mempunyai moral sesuai harapan bangsa.

Seperti halnya yang terjadi di salah satu sekolah Negeri di Jakarta Selatan, tepatnya SDN Ragunan 14 Pagi, Jl. Kebagusan Raya, Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan. (Senin, 30 Juni 2021)

“di era pendemi covid-19 dan di hari special tanggal 1 juni 2021 semua guru dan karyawan sesuai Surat Edaran DInas Pendidikan No. 28 / SE/2021 dan himbauan dari pemerintah para guru SDN Ragunan 14 Pagi melaksanakan atau mengikuti peringatan 1 juni secara virtual dari rumah masing masing secara hikmat dengan menggunakan yang perempuan kebaya krancang dan yang laki-laki mengenakan baju tradisional betawi yang bernama sadariyah” tutur Ibu Hj Budi Hastuti selaku wakil Kepala Sekolah SDN Ragunan 14 Pagi, menyampaikan melalui telepon seluler, saat di klarifikasi mengenai kegiatan guru dan bagaimana cara memperingati hari pancasila tahun 2021.

Tak jauh beda halnya dengan penyampaian Suprapto salah satu mantan wali murid SDN Ragunan 14 pagi, yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari lingkungan sekolah menyampaikan “Pembentukan moral pada anak sejak usia dini juga sangat dibutuhkan. Hal ini dimaksudkan agar perilaku anak tidak menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Pembentukan moral perlu dilakukan sedikit demi sedikit. Dengan dilakukan sedikit demi sedikit anak bisa mengerti dan meresapinya yang kemudian bisa diterapkan dalam tingkah laku dan perbuatannya.”

Seletah terhubung melalui telepon seluler Sosok Perempuan aktifis pendidikan Ibu Sri Mulyanti yang kebetulan adalah Kepala Sekolah SDN Ragunan 14 meyampaikan “pendidikan anak usia dini sangat diperlukan dengan tujuan untuk mengembangkan seluruh potensi anak agar kelak dapat berfungsi sebagai manusia yang utuh sesuai falsafah suatu bangsa. Anak dipandang sebagai individu yang baru mengenal dunia. Ia belum mengetahui tata krama, sopan santun, aturan, norma, etika, dan berbagai hal tentang dunia. Interaksi anak dengan benda dan orang lain diperlukan agar anak mampu mengembangkan kepribadian, watak, dan akhlak mulia. Usia dini merupakan saat yang paling berharga untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme, agama, etika moral dan sosial yang berguna untuk kehidupan anak selanjutnya.” (Imbran)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya