31.8 C
Mojokerto
BerandaHIBURAN, SENI & BUDAYAHARI WAISAK MENURUT UMAT BUDHA YANG DIYAKINI SEBAGAI HARI SUCI

HARI WAISAK MENURUT UMAT BUDHA YANG DIYAKINI SEBAGAI HARI SUCI

PRN PASURUAN | Pasuruan, hari Senin 16 / 05 / 2022 Media PRN (Pena Rakyat News) mendatangi tempat Ibadah umat Budha yaitu Kuil Klenteng yang berada di jalan Lombok, Kelurahan Trajeng Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan.

Menurut keterangan Hartono yang profesinya sebagai hari – hari sebagi pengurus kuil klenteng tempat ibadah umat Budha yang ditemui awak media PRN bahwa Hari Waisak yang jatuh pada hari Senin tanggal 16 / 05 / 2022 merupakan hari yang suci dan penuh makna yang selalu di peringati oleh seluruh umat Budha.

Cerita Hartono kepada awak media PRN menurut sejarah, hari suci Waisak merupakan hari suci umat Budha dan di dalam hari Waisak ada 3 peristiwa sejarah yang bermakna yang selalu di kenang dan di contoh oleh seluruh umat Budha, yakni :

1. Memperingati Lahirnya Pangeran SIDDHARTA
2. Pertapa SIDDHARTA Mencapai Penerangan Sempurna
3. Budha Goutama Parinibbana dan Seluruh Umat Budha melaksanakan ritual Puja Bakti yang bertujuan untuk mengingat kembali ajaran sang Budha, mencontoh perilaku Sang Budha dan melaksanakan Ajaran Budha.

Dan bagi seluruh Umat Budha, hal tersebut berarti mentaati peraturan moral, seperti menghindari oembunuhan makhluk hidup, mencuri dan berbuat asusila, berbohong dan mabuk – mabukan, ini sekilas cerita Hartono kepada awak media tentang 3 makna sejarah dari hari suci Waisak yang selalu dikenang dan diperingati oleh seluruh umat budha. (Agus)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya