26.8 C
Mojokerto
BerandaNUSANTARADanrem 181/PVT, Kalau Kota Ini Ingin Bersih, Bersihkan Dulu Sampah Plastik Yang...

Danrem 181/PVT, Kalau Kota Ini Ingin Bersih, Bersihkan Dulu Sampah Plastik Yang Beredar

PRN Sorong-Papua Barat, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Wawan Erawan, S.E., M.M., didampingi Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Mahudin Latupono, S.Sos., M.M., Para Kasi Korem 181/PVT, Komandan Satuan/Kabalak Aju jajaran Korem 181/PVT, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sorong, Julian Kelly Kambu. Melaksanakan Kegiatan Pembersihan Pantai bersama TNI-Polri dan Pemda Serta Masyarakat Sorong. Bertempat di Area Pantai Boswesen dan Halte Dom, Jln Yos Sudarso, Kelurahan Klakubik, Distrik Sorong, Kota Sorong, Prov Papua Barat. Jumat (8/7/2022)

Sebagaimana kita pahami bersama bahwa salah satu aspek penting dari pembangunan adalah kesanggupan dan kesadaran dari diri pribadi dan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup serta kebersihan dan kesehatan diri.

Kegiatan Aksi Bersih ini dimaksudkan agar seluruh elemen masyarakat di Kota Sorong mengerti dan paham bahwa kebersihan itu adalah sesuatu yang penting, oleh karenanya kegiatan pembersihan pantai bersama TNI-Polri dan Pemda serta masyarakat Sorong” ini dapat dijadikan momentum guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian kita semua, terhadap kelestarian lingkungan hidup serta menjaga kebersihan.

Danrem 181/PVT disaat menjawab para insan pers terkait kegiatan ini menyampaikan bahwa, survey yang dilakukan oleh Akademisi bahwa hampir semua ikan di laut Sorong ini terkena mikro plastik, yang diakibatkan oleh banyaknya sampah plastik yang bertebaran di sungai kemudian ke pantai, dan dimakan oleh mikro plankton yang kemudian dimakan oleh ikan dan ikan tersebut dimakan oleh kita.

“Apa yang dilakukan kita Korem dan Kodim yang ada disini untuk membersikan sampah sampah terutama plastik yang banyak beredar di Kota Sorong ini yang akhirnya terbawa ke pantai dari sungai-sungai” ucapnya.

“Program saya sudah membentuk beberapa satgas yang terdiri dari beberapa elemen tidak hanya TNI, Kepolisian tetapi juga masyarakat anak-anak sekolah serta dari LSM yang ada disini, semua saya libatkan agar mereka juga ikut sama-sama dengan kita perduli kepada lingkungan, biota-biota yang ada dilaut sehingga ikan-ikan yang ada di Sorong ini aman dikonsumsi” tutur Danrem181/PVT.

“Kalo kota ini ingin bersih bersihkan dulu dari sampah plastik yang beredar, kalau kita tidak berbuat siapa lagi yang peduli kepada Kota Sorong ini. Dengan kita bekerja pertama ini mudah-mudahan kedepan masyarakat Sorong akan tergugah dengan mencintai kebersihan untuk tidak membuang plastik ke sungai dan akhirnya sampai ke pantai. Kepada dunia usaha seperti mall, cobalah beralih dari menggunakan plastik kepada noken asli Papua” pungkasnya. (Penrem 181/PVT) gand.

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya