26.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR MOJOKERTOJelang Pelaksanaan MTQ Pertama di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina Berangkatkan Kirab Ta'aruf...

Jelang Pelaksanaan MTQ Pertama di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina Berangkatkan Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ 18 Kecamatan

PRN Mojokerto  | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto, dalam rangka menyemarakkan pelaksanaan MTQ pertama Kabupaten Mojokerto pada tanggal (18/11) mendatang. Serta bertujuan untuk memasyarakatkan nilai-nilai Islami di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Pada momen itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberangkatkan secara langsung Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ dari 18 kecamatan dengan mengibarkan bendera start di halaman Pemkab Mojokerto, Rabu (16/11) pagi. Diikuti sedikitnya 159 peserta, meliputi 18 rombongan yang menaiki mobil willys, terdiri dari pemenang lomba MTQ tingkat kecamatan beserta official dan Kepala seksi (Kasi) Kemasyarakatan.

Rombongan kirab juga dikawal oleh 10 personil Banser, 10 personil Senkom, 10 personil Kokam, 5 personil Satpol PP. Juga terdapat 1 mobil hias, 1 bus mini, 1 mobil Ambulans, serta 1 mobil PMI.

Pada pelaksanaanya, kirab melintasi rute yang dimulai dari halaman Pemkab menuju Jalan Majapahit, Jalan Raden Wijaya. Kemudian menuju Jalan Jayanegara, Jalan Raya Bangsal-Mojosari, Pesanggrahan Kutorejo, dilanjutkan ke Daerah Dlanggu, Kintelan, Brangkal, dan finish di halaman Pemkab Mojokerto.

Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pendukung pelaksanaan MTQ pertama di Kabupaten Mojokerto dengan serangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemkab Mojokerto seperti Mojokerto Bersholawat, Bazar atau Pameran UMKM, serta berbagai perlombaan (Musabaqah), yaitu Tilawah, MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an), Tartil, Dai/Daiyah, dan Khat (Seni Menulis Naskah Qur’an).

Terkait telah diselenggarakannya beberapa kegiatan untuk menyemarakkan pelaksanaan MTQ pertama di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina sangat mengapresiasi atas kerjasama dan kerja keras dari seluruh pihak yang turut mendukung kegiatan tersebut, sehingga serangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ yang pertama di Kabupaten Mojokerto bisa berjalan dengan lancar.

“Matur nuwun sanget kepada panjenengan semuanya dan saya bersyukur, bahwa saya telah diberi kesempatan oleh Allah SWT menjadi kepala daerah Kabupaten Mojokerto untuk yang pertama kalinya menyelenggarakan MTQ di Kabupaten Mojokerto,” jelasnya

Bupati Ikfina juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Camat se-Kabupaten Mojokerto yang telah menyelenggarakan pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) serta melaksanakan kegiatan MTQ di kecamatan masing-masing. Sehingga pada hari ini terdapat kafilah-kafilah terbaik dari kecamatan yang akan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Mojokerto.

“Tentunya yang hadir di sini adalah Kafilah-kafilah terbaik dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto, tentunya nanti pemenangnya adalah Kafilah-kafilah terbaik yang akan mendapatkan kesempatan dan kehormatan amanah mewakili Kabupaten Mojokerto untuk MTQ di tingkat Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Selain itu, terkait kegiatan Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ, Bupati Ikfina ingin menunjukkan, bahwa Kabupaten Mojokerto sangat serius dalam memberikan perhatian kepada para pejuang-pejuang pecinta Alquran.

“Sehingga kita berharap bahwa masyarakat akan lebih termotivasi dengan melihat Kirab Pawai Ta’aruf ini nanti, untuk bersama-sama mengikuti jejak para Kafilah-kafilah untuk menjadi generasi yang cinta Al-Qur’an,” harapnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga mengharapkan, diselenggarakan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya dalam memulihkan segala aspek akibat dari pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan tentunya ini akan membawa kebaikan untuk masyarakat Kabupaten Mojokerto dalam semua upayanya untuk melaksanakan pemberdayaan, pembangunan, dan pemulihan akibat dari pandemi covid-19. Untuk mendapatkan kebangkitan baik secara ekonomi, sosial, budaya, dan di semua bidang,” jelasnya.

Sementara itu, terkait anggaran pelaksanaan kegiatan kirab ini, Asisten I Setda Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin menjelaskan, terdapat berbagai sponsor yang mendukung kegiatan tersebut, sehingga serangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ pertama di Kabupaten bisa berjalan dengan lancar.

“Ini luar biasa, kita berterimakasih karena ini juga atas kinerja teman-teman LPTQ yang Alhamdulillah sampai kemarin dana yang bisa kita himpun kurang lebih 103 juta,” jelasnya.

Didik Chusnul Yakin, juga menjelaskan, pada pelaksanaan Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ, di daerah Kutorejo akan disambut oleh masyarakat Kutorejo dengan drumband dan juga ada berbagai hiburan.

“Oleh karena itu, terima kasih pak Camat Kutorejo yang kemarin khusus menyiapkan penyambutan untuk Kafilah Kirab ini,” pungkasnya.

Selain itu, dalam mendukung pelaksanaan Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ, BPJS Ketenagakerjaan cabang Mojokerto juga memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 350 panitia, official, dan peserta MTQ pertama Kabupaten Mojokerto.

Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis santunan kematian dari program Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto sebesar 42 juta kepada ahli waris atas meninggalnya staf RSUD Prof. Dr. Soekandar alm. Evie Setya Rohmatin dan staf Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto alm. Mulyanto.

Diketahui dalam pelaksanaan Kirab Ta’aruf Kafilah MTQ dihadiri Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barraa, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Mojokerto, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Ketua dan pengurus LPTQ kabupaten Mojokerto, juri dewan hakim MTQ Kabupaten Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Mojokerto di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. (Mahmudah)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya