31.6 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMJaga Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Malang Rehabilitasi Jaringan Irigasi Belung Kecamatan Poncokusumo

Jaga Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Malang Rehabilitasi Jaringan Irigasi Belung Kecamatan Poncokusumo

Rehabilitasi jaringan irigasi belung foto (W2)

PRN Malang | Pemerintah kabupaten Malang melalui dinas pekerjaan umum sumber daya air terus berkomitmen untuk memperkuat program ketahanan pangan, salah satunya melalui upaya merealisasikan program pembangunan rehabilitasi jaringan isigasi belung yang berada di lokasi desa belung kecamatan Poncokusumo kabupaten Malang dan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi belung ini bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2024 dengan CV pelaksana pangeran muda construction serta nilai kontrak sebesar Rp 497.328.031.86 dan pembangunan program rehabilitasi tersebut kini sudah selesai.

Ditempat terpisah kepala desa belung kecamatan Poncokusumo Sudirman saat ditemui awak media dikantor mengatakan, sangat senang serta sangat mengapresiasi kinerja dari pemerintah kabupaten malang karena pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi yang ada di wilayah kami sudah terealisasi. Serta para petani kami sekarang sangat senang sekali dimana aliran air menjadi lebih lancar serta semoga dapat berdampak langsung bagi para petani atau masyarakat kami. Memang didesa kami ini luas persawahannya cukup luas untuk yang ada didaerah Poncokusumo. Disamping itu juga para petani juga mengharapkan untuk tingkat pembangunan atau rehabilitasi tiap tahun supaya direalisasikan sedikit demi sedikit.

Disamping itu juga pemerintah desa belung juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas program-program pemerintah kabupaten malang dalam upaya menjaga ketahanan pangan nasional khususnya di kabupaten Malang. Dan sekarang ini musim kemarau sangat panjang sekali, banyak aliran-aliran disungai yang kecil mati dan dengan selesainya pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi ini diharapkan aliran-aliran disungai yang kecil ini dapat lancar kembali serta dapat meningkatkan produktivitas pertanian serta mendukung program ketahanan pangan yang ada di kabupaten malang.

Masih kata Sudirman kepala desa belung sebelum ada pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi ini masyarakat kami atau petani kami sering banyak yang mengeluh karena pasukan air yang mengaliri sawah mereka sering mati dan tidak lancar dikarenakan banyak kerusakan pada jaringan aliran irigasi tersebut yang mengakibatkan air tidak sampai kesawah para petani. Dengan selesainya pembangunan rehabilitasi ini diharapkan juga untuk dapat memastikan distribusi air lebih efisien.

saat musim hujan air akan dikelola dengan baik sehingga tidak sampai meluber serta pada saat musim kemarau seperti ini air tetap tersedia hal ini akan menjaga pola tanah petani akan jadi lebih teratur yang biasanya satu tahun cuma dua kali tanam sekarang sudah tiga kali tanam dalam setahun. Sekali lagi kami atas nama pemerintah desa belung kecamatan Poncokusumo sangat mengapresiasi kinerja dari pemerintah kabupaten Malang melalui dinas pekerjaan umum sumber daya air karena keluhan para petani kami sudah terealisasi semua. Terang kepala desa belung Sudirman saat ditemui awak media dikantor. (W2)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini