close
NUSANTARA

Yasinan Rutin Petugas dan WBP Sebagai Bentuk Pembinaan Kepribadian di Rutan Sambas

PRN SAMBAS –  Dalam rangka pembinaan kepribadian dan peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Petugas dan Warga Binaan Rutan Sambas melaksanakan yasinan rutin tiap kamis malam dan sabtu malam. 11/01.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Rutan Sambas diikuti oleh petugas dan warga binaan dengan diawali sholat magrib secara berjamaah diteruskan pembacaan yasin dan dzikir sampai pelaksanaan sholat isya’.

Menurut Kepala Rutan Sambas, Priyo Tri Laksono bahwasanya kegiatan keagamaan ini sangat perlu dilakukan untuk petugas dan warga binaan, dengan harapan akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“ketika petugas dan warga binaan bersama sama melaksanakan ibadah akan terjalin hubungan yang harmonis, mereka yang di dalam nantinya akan memiliki rasa saling menjaga satu sama lain, yang pada akhirnya akan ikut menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Rutan, “jelas Priyo.

Priyo menjelaskan bahwasanya dengan pendekatan keagamaan akan lebih terarah dalam pelaksanaan program pembinaan warga binaan, sehingga mereka akan lebih memahami ilmu agama dalam kehidupan ini.
Dengan demikian sasaran kegiatan ini akan sejalan dengan tujuan pemasyarakatan yaitu membentuk narapidana agar menjadi manusia seutuhnya yang menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat serta menjadi warga Negara yang baik dan bertanggungjawab.

Priyo juga menambahkan untuk program kedepannya dalam rangka pembinaan ini akan membentuk pesantren di rutan sambas demgan didukung oleh lingkungan wilayah sambas yang agamis yang sering disebut serambi mekkahnya kalimantan, sehingga akan lebih mudah dalam pelaksanaan program pembinaannya yang nantinya mereka akan mendapatkan kurikulum pesantren yang pada akhirnya setelah mereka keluar akan memiliki ijasah seperti pesantren.

“kita sedang mendalami proses pembentukan pesantren di rutan sambas ini, semoga mendapatkan dukungan dari intansi pemerintah setempat dalam pembentukan tersebut, sehingga nantinya dari rutan sambas ini akan lahir para dai-dai yang memiliki keahlian dalam beragama dan berdakwah, “harapan priyo. (RED)

Tags : SambasYasinan Rutin

Leave a Response

*