close
KABAR JATIM

Launching Musrengbang RKPD Kecamatan dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Magetan tahun 2021

PRN Magetan – (Rabu, 5/2/2020) Launching Musrengbang RKPD Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD kabupaten Magetan tahun 2021di Randugede Hidden Paradise desa Randugede Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan ini dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Setda kabupaten serta para camat seKabupaten Magetan tak lupa juga para Kades se kecamatan Plaosan, delegasi, pimpinan dan anggota DPRD dapil 2 ,Tokoh perempuan dan PKK,

Ir Purnomo Kepala BAPPEDA Litbang Kabupaten Magetan dalam sambutannya mengatakan ” Musrenbang Kecamatan diselenggarakan untuk : 1.Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan . 2.Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan di desa.Selain itu dalam perencanaan dan pembelanjaan dalam pembangunan harus “Tumonjo” yang artinya belanja yang Cerdas yang tidak berdasarkan keinginan tapi yang benar benar sesuai kebutuhan ,terukur dan tepat sasaran sehingga bisa dipergunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat “ujarnya.

Bupati Magetan Dr Drs H Suprawoto SH MSi mengatakan “Musrengbang ini adalah salah satu mekanisme untuk menampung aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan yang bersifat ” bottom up ” selain itu juga ada usulan yang bersifat “top down” dalam pembangunan di Magetan harus ada super prioritas agar tujuan yang diharapkan bisa fokus dan maksimal. Setiap program pembangunan harus bisa dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat. Selain itu orang yang duduk di biro perencanaan haruslah orang orang yang visioner yang mampu memprediksi apa yang akan terjadi di tahun yang akan datang ibarat dalam tokoh pewayangan Sri Bathara Kresna yang “Ngerti sakdurunge Winarah”ujarnya.

Lebih lanjut Kang Woto mengatakan “Prioritas pembangunan di tahun 2021 adalah peningkatan usaha ekonomi melalui Triple agro, yaitu agro wisata, agro bisnis dan agro ekonomi oleh karena itu usulan dari desa dalam Musrengbang ini diharapkan bersinergi dengan RKPD Kabupaten Magetan “ujarnya.

Kang Woto menambahkan “Musrengbang Kecamatan ini diharapkan benar benar menghasilkan usulan yang berpedoman pada pada RPJM kabupaten Magetan yang tersusun dalam RKPD tahun 2021 dan merupakan usulan yang konstruktif, selain itu diharapkan dalam perencanaan anggaran yang “Tumonjo” dan cerdas agar jangan hanya untuk menggugurkan kewajiban saja” pungkasnya.

Suyono Ketua komisi D DPRD kabupaten Magetan mengatakan “Kami berharap desa desa menyusun Data potensi desa agar arah kebijakan desa semakin fokus dan terarah.” Ujarnya video kegiatan ini bisa di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan (Jurnalis Beni setyawan)

Tags : MAGETANRandugede Hidden Paradise

Leave a Response

*