close
LAWAN KORUPSI

Lembaga Hukum Wilayah Kediri Mencium Bau ‘Pungli’ di Samsat Katang

Foto copy tempat yang diduga digunakan transaksi percaloan

PRN KEDIRI – Lembaga Bantuan Hukum dan aktivis senior di wilayah Kediri mencium aroma Pungli di tubuh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) Katang Kediri.

One-stop Administration Services Office, adalah suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung. Contoh dari Samsat katang adalah dalam pengurusan dokumen kendaraan bermotor.

Melihat fungsi Samsat Katang yang untuk mempercepat dan memperlancar kepentingan pengurusan dokumen kendaraan bermotor sangatlah rawan terjadinya calo-calo atau biro jasa yang arahnya ke rana pungutan liar (pungli) yang jelas-jelas menjadi atensi pemerintah untuk di bersihkan atau di berantas.

Sawong Aris Prabowo, S.H., S.E. seorang aktivis senior dan sebagai advokat terkenal asal kota Tahu Kediri saat dikonfirmasi wartawan Pena Rakyat News sangat prihatin dengan keadaan yang ada di Samsat katang Kediri.

Masih dalam keterangan Sawong, calo atau biro jasa baik dari luar atau oknum Samsat katang terlihat beroperasi di FOTO COPY  SAMSAT *KATANG  sehingga masyarakat yang hendak mengurus surat bermotornya tidak lagi repot mondar mandir, cukup duduk nunggu selesai dokumen yang dikerjakan oleh para penjaja jasa.

“Saya akan terus mendalami temuan dugaan pungli ini, pasalnya hal ini sama halnya membuat citra buruk dan mengurus dokumen kendaraan bertambah mahal yang berujung pada pembodohan terhadap masyarakat” tegas Sawong.

Hukuman pidana bagi pelaku pungli bisa dijerat dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Pidana Korupsi, khususnya Pasal 12 E dengan ancaman hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun. Pelaku pungli juga bisa dijerat dengan Pasal 368 KUHP. (Red).

Tags : Dugaan Pungli SamsatKediri

Leave a Response

*