close
HUKUM

Terbilang Mokong… Kembali Warga Jatidukuh “DEMO” Bubarkan Tambang Galian C

PRN MOJOKERTO | Demo dan demo terus sampai tuntutan warga terpenuhi demi menyelamatkan lahan pertanian sebagai penopang kebutuhan pangan, itulah yang dilakukan oleh warga Seketi desa Jatidukuh kecamatan Gondang. 26/9/20.

Warga menilai keberadaan tambang galian C milik Oky tersebut sudah mengancam keselamatan warga dan para petani setempat. Parahnya sudah banyak sawah warga di daerah itu yang terancam rusak akibat dari ulah para pengusaha tambang galian C batu tersebut.

Dari keterangan warga Seketi, sudah lama warga resah dengan keberadaan aktivitas penambangan ‘bodong’ pasalnya para penambang hanya mementingkan diri sendiri dan terkadang ‘ngawor’ keluar dari ketentuan dan lebih parahnya lagi perangkat desa bukannya membela warga petani, malah terkesan berpihak pada pengusaha galian.

Masih dalam keluhan warga Seketi yang tidak bersedia disebut namanya,  pernah beberapa waktu yang silam terjadi persoalan tanah milik warga yang tanpa ijin dikeruk oleh pengusaha galian liar, saat pemilik melakukan komplin ke Kepala Dusun Seketi Sopi’i, bukannya membela warga malah warga disuruh mengurus sendiri.

“Intinya kalau masalah pelayanan ke warga perangkat desa terkesan enggan untuk membantu, namun kalau urusan galian mereka pada berebut didepan, pokoknya warga kecewa dengan pamong desa”

Dalam demo kali ini selain warga Seketi Jatidukuh, juga terlihat LSM Srikandi dan petugas dari Badan Pertanahan turut membantu warga dalam menuntaskan persoalan ini. (Santoso/siti)

Tags : Demo GalianMojokerto

Leave a Response