close
LAWAN KORUPSI

Ganti Rugi TKD Desa Sumber Suko Senilai 8 Miliar Tak Jelas Keberadaannya

PRN PASURUAN | Tanah Kas Desa (TKD) seluas 2 Ha di Desa Sumber Suko, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, terimbas pembangunan proyek jalan tol Surabaya-Malang. Sejak pembebasan lahan hingga November 2020 berhembus kabar penggantian TKD belum kunjung ada kejelasan.

Kabar tentang dana ganti rugi tanah TKD yang tak kunjung ada penggantinya menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya nominal ganti rugi tanah bernilai fantastis. Menurut informasi yang dihimpun, apresial ganti rugi mencapai angka 8 miliar.

Tidak kunjung cairnya dana ganti rugi ini mempertaruhkan keseriusan pemerintah pusat dalam membangun infrastruktur. Pasalnya warga terdampak lainnya tidak ditemukan masalah pembayaran ganti rugi. Apa yang menjadi masalah di desa Sumber Suko.

Awak media mencoba mengkonfirmasi langsung ke desa, Erna selaku sekertaris desa memberi keterangan bahwa memang pencairan dari pemerintah kepada desa memang belum ada. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab belum cairnya uang ganti rugi ini.

“Yang ada hanya ganti rugi hasil tanaman sebesar 45 juta setiap tahun”, ungkap wanita yang mengenakan jilbab di kantor desa.

Lebih lanjut Kaur Pembangunan Nawi mengatakan bahwa dirinya yang mengurus sejak awal proses ganti rugi tanah ini. Pria yang mencalonkan diri sebagai Kades periode yang sebelumnya ini mengakui apa yanh disampaikan Sekdes adalah benar.

“Cuma dapat 45 juta itu mas”, ungkap perangkat bagian pembangunan desa ini. (Toro dan Tim).

Tags : Ganti Rugi TolPasuruan

Leave a Response