close
KABAR JATIM

Pamsimas Menyediakan Air Bersih dan Sanitasi Untuk Masyarakat Desa

PRN NGAWI | Upaya Pemetintah Daerah Kabupaten Ngawi dalam menyediakan air bersih dan sanitasi yang sehat bagi masyarakat Desa Dumplengan Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi, diwujudkan, Dinas Perkim Perumahan dan Pemukiman Masyarakat Ngawi, yang memfasilitasi lewat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( Pamsimas).

Sebelum dibangun Pamsimas di Desa Dumplengan, warga dikumpulkan di Kantor Desa untuk diberi pembinaan dari fasiitator Kabupaten Ngawi ( luluk), akan manfaat dan kegunaan Pamsimas. Tujuan dibangun Pamsimas untuk mengatasi permasalahan di bidang air minum dan sanitasi, karena Masyarakat bisa sehat bila menggunakan air bersih dan masyarakat hidup sejahtera, apabila tidak membuang sampah sembarangan, sebab buang sampah sembarangan akan mencemari air di dalam tanah dan menyebabkan diare tentunya, ujar Sugiyanto Kabid Kawasan Bidang Pemukiman Perkim Ngawi.

Sugiyanto juga menanbahkan , Pembangunan Pamsimas tahun 2020 di Desa Dumplengan meliputi pekerjaan pelatihan KKM/ SATLAK/ PHBS/ KP-SPAMS, pembangunan sarana air minum, pembangunan sanitasi di sekolahan dan Masyarakat, promosi kesehatan di sekolah dan masyarakat serta biaya operasional KKM. untuk banner anggaran juga sudah dipajang di depan bangunan pamsimas.

Seluruh kegiatan Pamsimas dapat berjalan dengan baik, masyarakat dapat menikmati air minum dan sanitasi yang layak secara berkelanjutan.

Pembangunan berbasis masyarakat ini dapat menerapkan nilai dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat( PHBS) di Masyarakat. (Jatmiko)

Tags : Menyediakan Air BersihNgawi

Leave a Response