close
NUSANTARA

Survei LRC Tingkat Popularitas Paslon Bupati Dan wakil Bupati Pesawaran Menurut Responden.

PRN Lampung | Direktur Eksekutif LRC, A. Yanuar saat menyampaikan hasil survei calon bupati dan wakil bupati Pesawaran yang telah dilaksanakanya Lampung Research dan Center (LRC) telah merilis hasil survei yang diselenggarakan pada 2 hingga 9 November 2020 terhadap calon kepala daerah di Pesawaran. Dimana berdasarkan hasil survei dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling tersebut, pasangan M. Nasir dan Naldi Rinara (Bersinar) mengungguli pasangan Dendi Ramadhona (Dermawan) di tujuh kecamatan dengan angka 52% sementara pasangan Dermawan 39% dengan 8% responden belum menentukan pilihan.

Menurut Direktur Eksekutif LRC, A. Yanuar, klaster survei ini menjangkau 11 kecamatan se-kabupaten Pesawaran secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir atau setiap desa yang memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak pada Pemilu sebelumnya. Sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih dengan meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat yang dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

“Jumlah sample dalam survei ini adalah 410 responden dengan margin of error +/- 2.4% pada tingkat kepercayaan 95%. Dan sebenarnya hasil survei ini hanya untuk konsumsi internal, namun karena melihat dinamika politik di Pesawaran maka kami terpaksa mengeluarkan hasil survei kami dilapangan yang sebenarnya,” ujar Yanuar, Rabu (18/11).

Berdasarkan hasil survei tersebut, pihaknya menemukan bahwa dalam pertanyaan segi popularitas kandidat tunggal bupati (tidak berpasangan), Dendi Ramadhona (92,4%) memang lebih unggul dari M. Nasir (90,8%) dengan 7,1 responden belum menentukan pilihan (undecided voters). Hal tersebut menurutnya wajar, mengingat bahwa Dendi merupakan calon incumbent yang mungkin lebih banyak dikenal masyarakat.

Sementara untuk popularitas kandidat tunggal Wakil bupati, tingkat popularitas Naldi Rinara (89,2%) lebih unggul dari Marzuki (67,7%), dengan undecided voters (10%). Namun, berdasarkan pertanyaan dengan simulasi kertas suara, elektabilitas pasangan M. Nasir – Naldi Rinara justru lebih unggul (54,7%), dari pasangan Dendi Ramadona (38,4%), dengan undecided voters (7%).

“Metode pertanyaan dengan responden mencoblos kertas simulasi mempunyai validasi jawaban lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada interviewer survei. Ditemukan pula (72%) pemilih menginginkan bupati yang berasal dari putra daerah, (12%) menginginkan pemimpin baru,” terangnya.

Dalam survei tersebut, pasangan M. Nasir – Naldi Rinara cenderung unggul pada banyak kategori demografi pemilih. Berdasarkan peta sub-kultur pemilih yang terkonsentrasi pada 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran, pasangan Bersinar unggul signifikan di tujuh kecamatan, yakni Negeri Katon pasangan M, Nasir- Naldi unggul (66,2%) sedangkan pasangan Dendi Ramadhona-Marzuki hanya mendapat (24,2%) dengan undecided voters(9%).

Kemudian di Kecamatan Tegineneng pasangan M, Nasir- Naldi unggul jauh dengan (68,1%)dibanding pasangan Dendi Ramadhona-Marzuki yang hanya mengantongi (24%) dengan undecided voters (7,9). Kecamatan Way Lima pasangan M, Nasir- Naldi unggul (57%) dibandingkan Dendi Ramadhona-Marzuki yang mendapatkan (31,4%) dendan undecided voters (9,6%). Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Gedong Tataan pasangan M, Nasir- Naldi unggul (50,8%) sedangkan pasangan Dendi Ramadhona-Marzuki (40,4%) dendan undecided voters (9%).

Sementara di daerah pesisir, Kecamatan Teluk Pandan pasangan M, Nasir- Naldi kembali unggul (54,2%) Dendi Ramadhona-Marzuki (34,3%) dengan undecuded voters (8%), Padang Cermin pasangan M, Nasir- Naldi mendapatkan (59,4%) pasangan Dendi Ramadhona-Marzuki (31,1%) dengan undecided voters (10%). Kecamatan Way Khilau pasangan M, Nasir-Naldi unggul (56,2%) pasangan Dendi Ramadhona-Marzuki (43%) dengan undecided voters (7%). (MUHAIDIN)

Tags : LampungSkala Prioritas

Leave a Response