close
HUKUM

Perlu Tindakan Tegas, Tambang Galian C Wilayah Kediri Kembali Beroperasi

PRN KEDIRI | Aktivitas  pertambangan pasir ilegal kembali marak di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Kediri menambah kelam maraknya penambangan pasir ilegal . Begitu juga stockpile tanpa surat alias ilegal bertebaran diwilayah hukum Polres Kediri.

Berdasarkan penelusuran koran ini, usai diberitakan sebelumnya, bahwa stockpile yang keberadaannya bersebelahan dengan sungai daerah dusun Ringin Gong desa Sumber Agung Kecamatan Plosoklaten yang di duga pemilik berinisial (Slam) .

Hal ini disinyalir banyaknya stockpile yang menerima pasir tanpa dilengkapi dengan Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) porporasi dari Badan Pengelola Retribusi Daerah (BPRD) Kabupaten Kediri.

“Kalau izin stockpile saja mereka tidak punya, mereka juga menerima pasir tanpa dokumen SKAB dari tambang pasir ilegal,” bisa di anggap sebagai penadah.

jika stockpile yang tidak mematuhi aturan perizinan, ini bisa menjadi mata rantai banyaknya tambang ilegal di Kabupaten Kediri. “Umpama salah satu mata rantai putus, diharapkan tambang ilegal bisa dikurangi,.

Pasalnya, potensi sumberdaya alam (SDA) itu harus ditambang sesuai dengan prosedur dan regulasi. Yakni, harus ada perizinan dengan bukti dokumen yang disertakan.

“Jadi tidak kemudian ditambang begitu saja. Apalagi, lahan tambang itu merupakan lahan seperti ladang yang kemudian berubah menjadi kubangan. Tentu saja hal ini berpotensi terhadap kerusakan lingkungan,”

“Saya tidak akan memperdulikan adanya isu atau informasi beking-bekingan. Kalaupun ada yang berupaya membekingi temuan kasus yang diduga terkategori ilegal mining ini, pasti akan kita tindak tegas siapapun oknumnya,” tegas tim investigasi.

acuannya undang undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan lingkungan hidup,
menegaskan pada pasal 109, tertera bahwa setiap orang yang melakukan usaha atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu (1) tahun dan denda paling sedikit satu milyar (Rp.1.000.000.000). (Bram/Arya)

Tags : KediriPenambang Mokong

Leave a Response