31.8 C
Mojokerto
BerandaBISNIS, EKONOMITERNAK PUYUH PETELUR SANGAT MENJAJIKAN DAN EKONOMIS

TERNAK PUYUH PETELUR SANGAT MENJAJIKAN DAN EKONOMIS

PRN PASURUAN |  Peternak puyuh sangat menjanjikan karena masih jarang orang menernak puyuh petelur, selain itu biaya produksi puyuh jauh lebih ekonomis di bandingkan biaya produksi ternak daging dan telur ayam horen. 12/1/2021.

Produktivitas reproduksi burung puyuh sangat bagus, sehingga mendorong tingkat produksi yang tinggi pada usia 45-50 hari, sudah mampu berproduksi dengan tingkat produksi telur sebanyak satu  butir perhari dan bertelur dihari berikutnya.

Menurut Muhammad Fauzi (41) warga Jati Kauman RT/RW.001/001 Cendono Purwosari Pasuruan, ternak puyuh ini adalah bisnis yang berkelanjutan, karena burung puyuhnya terus bertelur setiap hari.

Masih dalam keterangan M Fauzi yang juga berprofesi sebagai Modin di desa Cendono ini secara ekonomis sudah jelas bahwa kandungan protein dan gizi telor puyuh 3 dibanding 1, artinya 3 telor puyuh sama nilai gizinya dengan 1 telor ayam kampung. Secara ekonomis 3 telor puyuh seharga Rp.1.000 sedangkan 1 butir telor ayam kampung seharga Rp.2.500. ucap M Fauzi sekaligus promo.

Selain itu bukan petelurnya aja yang banyak manfaatnya, kotorannya pun juga banyak manfaatnya, bisa di buat mogot pakan ikan, pupuk tanaman dan untuk pupuk pertanian hasilnya pun lebih subur. Dagingnya pun lebih gurih di bandingkan dengan daging ayam horen, harganya pun ekonomis 1 (satu) ekor nya Rp:4500-5000, telurnya pun harganya juga ekonomis Rp;25000 per satu kilonya, bisa naik bisa turun sesui dengan harga pasarannya.

Sementara untuk suplai puyuh telur masih belum dapat di penui, untuk itu pihaknya mendorong pemerintahan untuk membantu pergerakan aktivitas kelompok tani dari segi akses permodalan, bantuan bibit dan akses pakan yang terjangkau guna menggerakkan sektor ternak puyuh. Apa lagi di saat pendemi covid 19 ini, harga pakan sebelum covid 19 per 50kg dengan harga Rp;275.000, dengan adanya pandemi covid 19 harga pakan per 50kg naik harganya menjadi Rp;307.500.

Hal ini guna menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan melenial, usaha ternak puyuh sangat cocok untuk kalangan melenial, supaya ada gebrakan lewat informasi digital untuk mengkampenyekan ternak puyuh dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat juga meminit angka pengangguran di kalangan melinial.

Dia menjelaskan budi daya ternak burung puyuh mulai dari pembibitan, telur, daging, hingga kotarannya pun memiliki harga ekonomis yang tinggi, puyuh jumlahnya sekitar 2.500 ekor, perharinya bisa menghasilkan telur menimal 22.5kg, harga telurnya per 1(satu) kilo Rp;25.000.

“Tapi dengan catatan, budi daya ternaknya harus di lakukan secara benar dan teratur, sehingga nilai gizinya dan kekuatan reproduksi burung puyuhnya terus terjaga” pungkas Muhammad Fauzi. (Jaelani)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya