26 C
Mojokerto
BerandaHUKUMWarning Ilegal Maining Pemerintah Terkesan ‘Nyanyian Sumbang’ Bagi Penambang

Warning Ilegal Maining Pemerintah Terkesan ‘Nyanyian Sumbang’ Bagi Penambang

PRN MOJOKERTO | Seruan dan berbagai peringatan pemerintah terkait larangan penambangan tanpa ijin atau illegal tampaknya hanya ibarat nyanyian sumbang oleh para penambang, faktanya diberbagai wilayah khususnya di Mojokerto masih banyak penambang bodong yang beroperasi dan mengeruk keuntungan pribadi.

Fakta ini tampak di salah satu wilayah kecamatan Kutorejo, tepatnya di dusun Grogol desa Kepuhpandak Kabupaten Mojokerto, pada edisi sebelumnya tercatat di redaksi PRN di kawasan Kepuhpandak terdapat 10 tambang galian C beroperasi dan diduga kuat semuanya tanpa ijin, dan kali ini terpantau kamera PRN terdapat 3 titik galian yang masih beroperasi.

Dari informasi warga sebut saja Pak Har, merasa khawatir akan dampak yang akan ditimbulkan oleh praktik Ilegal maining ini, pasalnya selain yang digali oleh penggali kuat diduga milik LIN (inisial, red) ini tanah produktif pertanian, kekawatiran muncul mengingat saat ini musim hujan, banjir dan longsor.

“kita tidak bisa berbuat apa-apa mas, wong oknum aparat juga terkadang ada disitu ya tidak ada tindakan, kalau gak percaya ‘sanggong’ saja disini biar tau siapa oknum yang mampir” ungkap Har.

Masyarakat meminta agar praktik Penambangan liar ini di hentikan, kami sudah muak, kalau terjadi bencana bukan penambang yang menerima dampaknya, melainkan warga yang merasakan. Tambah Har.

Sementara menurut aktivis penggiat lingkungan hudup asal Bangsal Mojokerto menanggapi hal ini dirinya akan segera melakukan pengaduan kepada pihak yang berwajib.

“namaku jangan disebut mas, sebab saya akan segera membuat laporan pengaduan” pesan Pria asal Bangsal.

Pria yang juga memiliki keahlian di bidang electronic ini juga menambahkan, walaupun LIN menggunakan alat berat yang berukuran kecil, dampak kerusakannya terhadap alam juga sama dan pastinya pihak berwajib harus tanggap akan hal itu. (red)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya