26 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMLenyapnya Patung Dua Sapi Kerapan Di Sumenep Menjadi Sorotan Publik

Lenyapnya Patung Dua Sapi Kerapan Di Sumenep Menjadi Sorotan Publik

PRN SUMENEP| Lenyapnya patung dua sapi Kerapan di depan lapangan Giling Bangkal Sumenep, menjadi perhatian masyarakat Sumenep, khususnya bagi pecinta budaya Kerapan sapi. Selasa 6/04/2021.

Sebut saja Bambang warga Sumenep yang mencintai dengan budaya kerapan sapi, menyayangkan patung dua sapi Kerapan tersebut bila tidak ada lagi dan lenyap bagaikan ditelan bumi.

“Dua patung sapi kerapan itu kan sebagai tugu lambang Madura yang indentik dengan kerapan sapinya, sangat disayangkan bila patung tersebut tidak ada selamanya,” ujar Bambang.

Bambang berharap agar patung dua sapi kerapan tersebut bisa dibangun lagi, karena Kerapan Sapi di Madura telah menjadi kebudayaan masyarakat sejak jaman dahulu khususnya di Sumenep.

“Kebiasaan memacu binatang peliharaan seperti sapi di arena memang sudah menjadi kegemaran penduduk Madura sejak dahulu kala, apa lagi Sumenep ini terkenal juga dengan sapi kerapannya yang berkualitas dari pulau Poday,” ucap Bambang.

Perlu diketahui robohnya patung sapi kerap ini sekitar akhir tahun 2019 lalu. Sejak tidak adanya patung dua sapi kerapan tersebut, lapangan pacuan itu terlihat tidak indah lagi karena hanya di ganti dua pot besar sebagai pengganti patung tersebut.

Dari hal itu, PLT kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumenep, Ernawan Utomo menjelaskan kepada awak media terkait patung dua sapi kerapan itu sudah dalam perencanaan, hanya kendala anggaran yang belum ada.

“Patung tersebut sudah dilakukan perencanaan oleh DLH Sumenep, untuk diganti dengan menggunakan bahan dari fiber dan hanya tinggal menunggu anggarannya dari Pemkab Sumenep, karena tahun kemarin terkendala dengan adanya covid,” tutur Ernawan dengan santun kepada awak media.

Masyarakat Sumenep berharap kepada Pemkab, tahun ini bisa membangun patung Kerapan sapi seperti semula demi keindahan dan kebanggaan bagi masyarakat Sumenep pecinta pacuan sapi kerapan.

(Erfandi)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya