23.8 C
Mojokerto
BerandaHUKUMGalian C Kalitidu 'Bolak Balik' Disidak Hebatnya Tetap Jalan

Galian C Kalitidu ‘Bolak Balik’ Disidak Hebatnya Tetap Jalan

PRN BOJONEGORO | Berbagai pertanyaan menyeruak terkait maraknya galian yang berada di kawasan Kalitidu, pasalnya sering di sidak pihak berwajib namun galian masih tetap berjalan lancar. Rabu, 9/6/2021.

Berdasarkan informasi warga pantauan awak media Pena Rakyat News Bojonegoro, dikawasan Sawen desa Sumengko kecamatan Kalitidu Bojonegoro, membuktikan keberadaan galian C yang diduga kuat tidak berijin.

Puluhan truk pengangkut hasil galian berupa batu pasir keluar masuk lokasi dan melewati jalan perkampungan, dan tampak terlihat Pemuda memantau siapa saja yang lewat di area galian.

Dari keterangan warga Sawen yang tidak bersedia disebut namanya, pengelola galian C Sawen adalah warga Tambakrejo dengan panggilan pak Mol.

Warga menambahkan bahwa Pak Mol adalah orang hebat yang memiliki link pejabat yang diduga dapat membekingi usaha ‘ilegal’ galian C.

‘siapa mas yang bisa menutup galian itu, wong yang dibelakangnya sangat kuat’ ucap warga Sawen.

Sementara menurut Zaenal Muhtarom, S.H., M.H. seorang praktisi dan penggiat Lembaga Perlindungan Konsumen YAPERMA sangat prihatin dengan adanya kegiatan yang jelas-jelas merusak lingkungan.

Zaenal Muhtarom yang juga seorang Pengacara menabahkan, tidak ada seorangpun di Indonesia ini kebal hukum, dan terkait galian C tanpa ijin jelas melanggar Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020
Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dirinya berharap penegak hukum tegas menyikapi oknum perusak lingkungan yang ada di dusun Sawen desa Sumengko kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Pungkas Zaenal Muhtarom, S.H., M.H. (tim).

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya