24.8 C
Mojokerto
BerandaNUSANTARAMenyorot Modus “Penipuan” Berkedok Lotre Undian Mainan Anak di Bali

Menyorot Modus “Penipuan” Berkedok Lotre Undian Mainan Anak di Bali

PRN BALI| Lotre undian mainan anak-anak ramai dijual di toko klontong di tengah masyarakat Bali. Bermodalkan seribu rupiah, pembeli sudah mendapat satu kesempatan untuk memperoleh hadiah utama mercon atau kembang api seharga puluhan ribu bahkan ratusan ribu rupiah. Miris, sampai nomor lotre habis, hadiah utama masih tetap utuh. Kamis (18/11/2021)

Sudah menjadi rahasia umum, jika hadiah utama pada bisnis lotre maianan anak hanya merupakan iming-iming yang tidak akan mungkin didapatkan oleh pembeli. Terlihat sepele namun secara substansial kegiatan ini merupakan praktek serius yang sedang membentuk karakter bangsa. Pelaku sedang mempertontonkan satu bentuk penipuan kecil-kecilan dan masyarakat diminta untuk memakluminya.

Dalam penelusuran PRN, penjualanan mainan anak-anak berkedok undian ini berpusat di jalan Pidada, Denpasar. Dengan merogo kocek tiga ratus ribu rupiah, warung-warung sudah dapat memperoleh satu gantungan yang berisi ratusan undian.

Terkait hal ini, aktifis pelindungan konsumen, Samsul S.H., angkat bicara. Dihubungi melalui sambungan seluler, Samsul menyayangkan maraknya praktek penjualan mainan dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan namun fiktif. Lebihi lanjut disampaikan bahwa bila hal tersebut benar adanya, maka dapat digolongkan sebagai penipuan.

“bisa dipidana praktek seperti itu,” lanjut Samsul.

Menutup sesi wawancara, Samsul mendorong masyarakat untuk menyampaikan pengaduan ke pihak aparat penegak hukum agar dapat segera direspon oleh pihak berwajib. (Made)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya