24.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMDimanapun Sampah Tetap Menyisakan Masalah

Dimanapun Sampah Tetap Menyisakan Masalah

PRN NGAWI | Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi sosialisasikan pengelolaan sampah pada masyarakat. Mulai dari anjuran membuang sampah pada tempatnya hingga pengelolaan yang dapat mengubah sampah bernilai ekonomis. Rabu (24/11/2021).

Sampah dimanapun dan kapanpun tetap menyisakan masalah apabila tidak dikelola dengan benar. Di masa Pandemi volume sampah mengalami penurunan, hal ini dikarenakan tempat-tempat umum seperti sekolahan, rumah makan dan tempat wisata dibatasi aktivitasnya.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan memang sangat memprihatinkan, terutama di selokan maupun di sungai.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi, tetap berupaya mensosialisasikan membuang sampah pada tempatnya, serta memasukkanya kedalam kontainer sampah yang ada di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sebenarnya pengelolaan sampah ada 3 R yaitu Reuse (penggunaan kembali), Reduce (oengurangan) dan Recycle (daur ulang), bisa dicoba setiap orang dan membutuhkan waktu agar sampah memiliki nilai ekonomis.

Sampah ada 2 yaitu organik / sampah basah dari sisa sayur sayuran, dan sampah anorganik / sampah kering dari bungkus makanan atau sabun dan lain – lain seperti plastik dan kardus.

Dwi Rahayu Puspita Ningrum Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Ngawi mengatakan, “Memang benar, sampah dimanapun dan kapanpun tetap jadi polemik, bila tidak dikelola dengan benar. Tetapi bila dikelola dengan baik dan benar akan mendatangkan rejeki. Sampah organik bisa untuk makan ternak, untuk membuat biogas (untuk sumber listrik) dan bisa dibuat pupuk untuk menyuburkan tanaman. Sampah anorganik dari plastik dapat dibuat tas, tempat air mineral, untuk tempat tisue dan lain – lain.

Dinas Lingkungan Hidup Ngawi juga sudah mensosialisasikan, dan mempratekkan cara membuat Bank Sampah, lewat kelompok PKK maupun Kader Lingkungan Hidup setiap Desa / Kelurahan. Kendalanya biasanya di tempat untuk bank sampah ini. Suatu contoh sukses yaitu Desa Gandri Kecamatan Pangkur, hasil dari sampah ditabung di bank sampah dan uangnya untuk bayar listrik setiap bulan. Ayo Kita Jaga Lingkungan, dan Lingkungan Juga Jaga Kita. DLH Ngawi.

(Jatmiko)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya