23.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMCANGKRUKAN NGAJI BUDAYA HALAL BIHALAL DI AULA PPIQ DARUL HIDAYAH MALANG

CANGKRUKAN NGAJI BUDAYA HALAL BIHALAL DI AULA PPIQ DARUL HIDAYAH MALANG

PRN Malang | Komunitas/ Kelompok CANGKRUKAN NGAJI BUDAYA halal bihalal di Aula PPIQ DARUL HIDAYAH Jalan Bareng GG.3 kelurahan Kauman Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat 13/05/2022.
Kegiatan halal-bihalal atau acara silaturahmi dengan saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa ramadhan yang merupakan kegiatan tradisi masyarakat di Indonesia. Pada hari ini juga dilakukan oleh kelompok Ngaji Budaya yang ada di Kota Malang.
Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Malang Bpk. Drs. H. Sutiaji ; Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika ; Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji ; Ketua DPD Perindo Laily Fitriyah min Nelly ; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suwarjana ; Kepala Perumda Tugu Tirta Noor Mukhlas ; serta seluruh elemen Budayawan, aktivis, media, pemukah tokoh lintas agama, dan masyarakat kota Malang.
“Dalam menjaga persatuan dan kesatuan kita tidak perlu mencari perbedaan yang ada ditengah masyarakat, justru persatuan dan kesatuan itu agar terjaga maka kita harus mencari persamaan yang ada di masyarakat itu sendiri, karena dengan mencari persamaan supaya terwujudnya kehidupan Guyub, rukun adem dan ayem, maka dari itu kelompok komunitas ini berkumpul dalam satu wadah CANGKRUKAN NGAJI BUDAYA.
Dalam ngaji inipun memberikan pemahaman bagaimana budaya tidak mencari perbedaan malah justru mencari persamaan.” Ungkap Hisa Al-ayyubi pria yang akrab disapa Gus Hisa selaku pimpinan PPIQ DARUL HIDAYAH dan juga ketua koordinator CANGKRUKAN NGAJI BUDAYA.
“Di dalam Cangkrukan Ngaji Budaya kita membahas segala macam persoalan secara umum yang ada di masyarakat, dari budaya, sosial, lingkungan dan banyak lag. Tujuan dari Cangkrukan ini bagaimana membentuk Akhlakul Karimah yang pada intinya  memanusiakan manusia dan sebelum memanusiakan manusia maka kita harus bisa memanusiakan diri sendiri sebagaimana membentuk akhlak diri sendiri”, tandas Gus Hisa.
Drs. H. Sutiaji Walikota Malang dalam sambutannya mengatakan Halal bihalal ini merupakan moment  yang sangat tepat untuk kita bersilaturahmi dengan semua elemen pelaku seni budaya yang ada di Kota Malang.
“Saya berharap dalam Cangkrukan Ngaji Budaya ini bisa menjadi sarana sinar kebaikkan tanpa memandang latar belakang masing-masing pribadi, sehingga perbedaan dan kebhinekaan yang ada terjaga, insyaallah ketentraman, keguyuban, di masyarakat terwujud”, tandas Sutiaji.
“Komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya punya semangat dan energi yang positif, saya sangat mengapresiasi komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya ini karena memiliki misi visi yang luar biasa. Dan saya merasa dengan komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya pemerintah sangat terbantu sekali dalam pelestarian seni budaya yang telah diwariskan oleh oleh leluhur kita. Dengan adanya Cangkrukan Ngaji Budaya ini faham-faham radikalisme yang ada di Kota Malang secara otomatis dapat terkikis dan mempersempit ruang geraknya. Dan saya inginkan adanya keselarasan antara pemerintah dan pelaku seni budaya”, tandas Sutiaji kepada awak media.
Hal senada dan serupa yang disampaikan oleh I Made Riandiana Kartika Ketua DPRD kota Malang sekaligus Pembina Cangkrukan Ngaji Budaya,
“Ini memang momen luar biasa, ketika saya mendapatkan undangan saya pastikan untuk hadir acara ini, karena saya juga sudah beberapa kali mengikuti dan beberapa kali bertemu dengan kelompok komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya ini. Saya meyakini kalau seni budaya yang ada di Kota Malang akan bergeliat lagi”, ungkapnya.
Kelompok komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya ini sangat perlu mendapatkan aspresiasi yang lebih. Dan sinergitas antara legislatif, eksekutif, dan para pelaku seni budaya dan masyarakat harus ditingkatkan dan dipertahankan. “Saat ini kami di DPRD Kota Malang menggodok peraturan terkait kebudayaan, besar harapannya sesuai keinginan komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya yang memiliki misi memasukkan budaya kedalam kurikulum pendidikan formal, dan semoga terwujud pada tahun ajaran baru nanti”, jelas ketum DPC PDIP Perjuangan Kota Malang ini. (Ila)
- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya