31.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR MOJOKERTOBabinsa Baureno Koramil Jatirejo Gandeng PPL UPT Distan Sosialisasi PMK

Babinsa Baureno Koramil Jatirejo Gandeng PPL UPT Distan Sosialisasi PMK

PRN MOJOKERTO |  Meluasnya wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak di 15 Propinsi di Indonesia menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta seluruh pihak terkait dalam penanganan wabah tersebut. Terlebih saat Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., melaporkan perkembangan terakhir, Selasa (17/05/2022) saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPR RI.

Menyikapi perkembangan tersebut, Kodim 0815/Mojokerto bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, terus mengupayakan meminimalisir penularan hewan ternak dengan melakukan pendampingan penanganan secara langsung serta edukasi dalam bentuk sosialisasi kepada seluruh pemilik hewan ternak.

Hal ini terlihat saat Koramil 0815/15 Jatirejo melalui Babinsa Baureno Sersan Dua Syaiful Chozi bersama Petugas PPL UPT Distan Kecamatan Jatirejo memberikan sosialisasi kepada puluhan warga desa di Balai Desa Baureno, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (24/05/2022).

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) UPT Dinas Pertanian Kecamatan Jatirejo, Arif, dalam sambutannya berharap kepada seluruh warga yang memiliki ternak untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi Virus PMK, “Kami menghimbau kepada seluruh warga untuk lebih fokus memperhatikan kebersihan dan lingkungan Kandang,” jelasnya.

Kedepan, sambungnya, upaya yang segera dilakukan UPT Distan Jatirejo adalah vaksinasi dan pemberian vitamin hewan ternak, sekaligus penyemprotan disinfektan ke seluruh kandang.

Dilain tempat, Pgs. Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Cba Kurniawan Junaedi mengatakan, pihaknya siap mensupport penanganan PMK pada ternak diwilayah Jatirejo, upaya pencegahan juga kita maksimalkan. “Penanganan segera ini harus dilakukan guna meminimalisir tingkat penyebaran. Kita sudah perintahkan para Babinsa koordinasi dan bersinergi dengan PPL dan Tiga Pilar Desa terkait penanganan dan pencegahan”, tegasnya. .
Pantauan dilapangan, dihari yang sama, selain di Desa Baureno, Koramil 0815/15 Jatirejo bersama UPT Distan juga melaksanakan sosialisasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Desa Dukuhngarjo melalui Babinsa setempat Pelda Rochmad bersama Petugas PPL UPT Distan Kecamatan Jatirejo Waras, S.P., serta unsur Tiga Pilar Desa.

Terpantau, kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Desa Baureno Abdori bersama perangkat desa, didampingi Bhabinkamtibmas, dan masyarakat khususnya peternak hewan.

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya