24.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR MOJOKERTOKoramil 0815/19 Magersari Bareng Forkopimcam Gelar Rakor Bersama FPK

Koramil 0815/19 Magersari Bareng Forkopimcam Gelar Rakor Bersama FPK

PRN Mojokerto | Koramil 0815/19 Magersari Kodim 0815/Mojokerto Bersama Tiga Pilar Kecamatan Magersari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Ruang Rapat Kecamatan Magersari, Jalan Empu Nala Nomor 422, Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema “Kerukunan Antar Suku dan Etnis di Wilayah Kecamatan Magersari”, kali ini dihadiri Camat Magersari Soegeng Rijadi Prajitno, S.H., Pgs. Danramil 0815/19 Magersari Lettu inf Purwono, Kapolsek Magersari Kompol Bambang Soegiharto, S.H., Ketua FPK Kota Mojokerto Mangasi Sitanggang beserta anggota FPK Kota Mojokerto, Perwakilan Ketua RW, serta tokoh masyarakat lintas suku dan agama se-Kecamatan Magersari.

Camat Magersari Soegeng Rijadi Prajitno, S.H., menjelaskan, FPK mempunyai misi untuk menjaga kondisi dan keharmonisan ditengah kemajemukan bangsa terutama Suku, Agama, Ras, dan Adat. “Dengan hadirnya para tokoh masyarakat lintas suku dan agama diforum ini, mari kita sharing diskusi terkait situasi yang ada di wilayah Kecamatan Magersari. Harapannya kondisi sosial di wilayah kita mencerminkan kepribadian bangsa dan negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD ’45”, jelasnya.

Senada dengan yang disampaikan Camat Magersari, Pgs. Danramil 0815/19 Magersari Lettu Inf Purwono, menuturkan, FPK dapat menjadi wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerja sama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, dan memelihara serta mengembangkan pembauran kebangsaan. “Tentunya kita semua berharap di wilayah Kecamatan Magersari dapat tercipta kehidupan masyarakat yang rukun, aman dan damai”, tuturnya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya forum ini (FPK) dapat mencegah masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan kekerasan yang bernuansa SARA, sehingga tercipta kerja sama yang positif antar suku, agama, budaya dan adat istiadat yang dilandasi oleh rasa toleransi, saling pengertian, menghormati, dan saling menghargai.

“Dalam menjaga keharmonisan tersebut, Kodim 0815/Mojokerto terus berupaya untuk memberikan edukasi ke setiap lini masyarakat, salah satunya melalui penyampaian materi Wasbang terutama generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa persatuan dalam Nasionalisme”, tegasnya.

Sementara Ketua FPK Kota Mojokerto, Mangasi Sitanggang, mengatakan tujuan pembauran kebangsaan ini adalah tumbuhnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Ia berharap keikutsertaan FPK diforum Forkopimcam ini bisa ditindaklanjuti sehingga masyarakat mengerti tentang Forum Pembauran Kebangsaan. ”Dengan adanya pembauran kebangsaan ini maka integrasi bangsa akan tetap terpelihara tanpa membeda-bedakan suku, agama, adat istiadat dan budaya”, tutupnya.

Terpantau dalam kegiatan ini, para peserta juga menerima materi wawasan kebangsaan dari Pgs. Pgs. Danramil 0815/19 Magersari Lettu Inf Purwono dan Materi Harkamtibmas dari Kapolsek Magersari Kompol Bambang Soegiharto, S.H., dilanjutkan sesi diskusi dan foto bersama yang menjadi penutup acara ini. (Mahmudah)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya