31.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMPemdes Bendo Padas Ngawi Tetap Melestarikan Budaya Leluhur

Pemdes Bendo Padas Ngawi Tetap Melestarikan Budaya Leluhur

PRN Ngawi | 26 april 2023, merupakan hari bersejarah bagi warga Dusun Bendo Desa Bendo Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi Jatim.

Pasalnya hari yang ditunggu tunggu Masyarakat Dusun Bendo telah tiba, yaitu Nyadran atau Bersih Desa sebagai wujud sujud syukur atas rejeki dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Nyadran atau bersih desa kali ini bertepatan dengan Hari Raya Idhul Fitri atau selesai lebaran, Warga yang datang semua membawa ambengan yang berisi nasi plus lauk pauk, untuk mendoakan para leluhur oleh Sesepuh Desa. Nyadran atau bersih Desa merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan disetiap Dusun. Doa yang dilantunkan berasal dari Kitab Suci Alquran, Wujud Bancaan atau Selamatan merupakan agenda tahunan,” Ujar Agus Saputra Kades Bendo.

Tujuan diadakan bancaan atau selamatan yaitu, agar warga dijauhkan dari bencana serta bangga dan bersyukur atas nikmat rejeki yang melimpah yaitu panen padi yang berhasil.

Seusai bancaan / selamatan warga dihibur dengan kesenian jawa yaitu tayuban atau kerawitan dengan / waranggono semua berpakaian adat jawa,” imbuh Agus Saputra. (jatmiko)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini