close
KABAR JATIM

Sebuah Inspirasi dari SDN Cileng 2 Kec. Poncol Kab. Magetan

PRN MEGETAN – Jumat,24 Agustus 2018 Sebuah bangsa akan menjadi bangsa yang besar bila masih berakar pada kebudayaan bangsa itu sendiri, tidak ada bangsa yang bisa maju dengan seutuhnya jika meninggalkan budaya dan karakter asli bangsa itu sendiri.

Seperti kita ketahui bersama salah satu contoh bangsa yang maju yang berakar pada budaya adalah Negara Jepang .Negara ini adalah bangsa yang sangat maju di dunia ini.

Salah satu faktor mengapa mereka bisa sedemikian maju? jawabannya adalah pembentukan karakter sejak dini bagi generasi muda disana.

Dimana karakter bangsa Jepang yang pantang menyerah,disiplin waktu,budaya malu dan yang paling penting adalah semangat mereka melestarikan budaya dan kebudayaan asli mereka. Itulah mengapa mereka bisa maju sedemikian pesat sehingga bisa menjadi salah satu mercusuar dunia selain Cina dan Amerika.

Hal ini sepenuhnya di sadari oleh SDN Cileng 2 kec Poncol Kab Magetan,menurut Kepala Sekolah Cileng 2 Endang Sri Wahyuni kepada penarakyatnews.id/ (Pena Rakyat News ) mengatakan “melestarikan budaya bangsa adalah salah satu cara untuk pembentukan karakter bagi anak didik sebab dengan kesenian akan memperhalus rasa dan budi pekerti bagi anak didik.

Anak anak tidak harus selalu di tuntut akan nilai akademis tapi perlu juga dibentuk olah roso,agar nilai asli bangsa Indonesia khususnya budaya jawa tidak hilang di hantam gelombang modernisasi, yang kadang menghilangkan nilai budi pekerti. ” tuturnya.

Disekolah yang di pimpinnya terdapar 4 ekstrakulikuler yang mengarah pada budaya yaitu Seni gamelan, seni tari, Kesenian Hadrah, dan seni suara selain itu ada juga kegiatan olahraga.

Untuk kesenian kerawitan, terdapat 2 kelompok,Yaitu Madyo laras yang anggotanya wali murid, dan Mudo Laras yang anggotanya murid dari SDN Cileng 2.

Meskipun baru menjabat sebagai kepala sekolah selama 2 tahun Ibu kepala sekolah ini berhasil menggabungkan potensi yang ada di sekolah yaitu antara guru guru dan wali murid yang tergabung di Komite Sekolah.

Komite sekolah salah satu fungsinya adalah untuk mendukung kegiatan di sekolah, di SDN Cileng 2 ini para wali murid sadar betul kalau kemampuan sekolah sangat terbatas, oleh karena itu mereka bahu membahu mengumpulkan dana untuk membeli peralatan Kerawitan (gamelan) bersama sama pihak guru yang bertugas di sekolah ini dari hasil usaha keras mereka terwujudlah peralatan gamelan pelog dan slendro.

Salah satu hasil dari kegiatan ektrakulikuler ini bisa di lihat di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan
Ditangan guru guru yang gigih penuh semangat inilah upaya pembentukan karakter dan kepribadian bangsa diwujudkan, bukan hanya sekedar slogan atau wacana tapi mereka membuktikan kalau sekolah khususnya SD Negeri bisa berkualitas dan berdaya saing lebih.

Kuncinya adalah kemauan bersama antara pihak sekolah dan komite sekolah. Karena salah satu tugas dan fungsi Komite Sekolah adalah ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah.(Beni Setyawan)

Tags : Kegigihan GuruMAGETAN
putri pena

The author putri pena

Leave a Response