close
HIBURAN, SENI & BUDAYA

UNTUK MENGANGKAT CAGAR BUDAYA KOTA KALIANGET, GEDUNG SENTRAL PT GARAM AKAN DIJADIKAN MUSIUM GARAM

PRN SUMENEP, Dalam rangka melindungi dan mengangkat cagar budaya yang kita miliki ada di kota kuno Kalianget, Pemerintah Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan PT Garam Persero akan segera membuat Gedung sentral PT Garam menjadi Gedung Musium Garam yang terletak di desa Kalianget timu, kecamatan Kalianget, kabupaten Sumenep Ujung timur Pulau Garam Madura.

Untuk menindak lanjuti kerja sama MOU Pemkab Sumenep dengan PT Garam pada tahun 2018, sepakat dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur yang ada di kabupaten Sumenep, salah satunya tentang kepariwisataan yang ada di kabupaten Sumenep, yang mana kepariwisataan ini mengerucut kepada Gedung Sentral PT Garam untuk di jadikan musium Garam,

Menurut penjelasan yang dihimpun dari FATIMATUS SUHRA, SH, MSI, Kabid Pemasaran Disparbudpora Sumenep menjelaskan bahwa, Pemkab Sumenep melalui Dinas Parawisata Budaya Pemuda dan Olahraga Melakukan kajian dengan bagaimana tata cara pendiriannya, Koleksi koleksinya yang mau di pajang nantinya di musim tersebut

“seperti peninggalan sejarah bangunan bangunan kuno yang ada di Kalianget dan alat alat produksi garam terdahulu”, Ucap Fatimatus. S. Diruang kerjanya.

Lanjut keterangan Fatimatus, karena musium Garam ini dipandang perlu untuk sarana informasi dan idukasi untuk pengetahuan dan pendidikan bagaimana memproduksi Garam dan bagaimana sejarah pendirian bangunan bangunan kuno yang ada di Kalianget itu untuk pengetahuan,

“Karena itu perlu dilakukan kajian dari team ahli dalam hal ini baik dari pelestarian cagar budaya, hal ini nantinya akan menjadi destinasi wisata baru kota kuno Kalianget yang akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kalianget, terutama nantinya bagi para mahasiswa untuk belajar penelitian tentang pembuatan Garam dan wisatawan dari luar,” Imbuhnya.

Pembuatan Gedung Musium Garam tersebut pastinya akan membawa Dampak positif bagi masyarakat, yang pasti masyarakat akan lebih tau banyak tentang sejarah pembuatan Garam dan nanti bila ada wisatawan yang berkunjung ke museum Garam tentu akan memberikan pendapatan yang meningkat kepada masyarakat setempat dan Pemerintahan kabupaten Sumenep.

“Tujuannya nanti musium Garam ini menjadi objek wisata Indukasi dan sejarah, yang harapannya nanti ada wisatawan yang berkunjung ke museum itu, dan kami sudah mulai melakukan kordinasi dengan pihak PT Garam nanti apa saja koleksi koleksi yang ada yang akan di jadikan isi pada musium Garam tersebut. Seperti foto foto bangunan kuno PT Garam di masa pemerintahan Belanda dulu, Alat alat tradisional dulu yang dipergunakan diwaktu proses pembuatan Garam dan buku buku sejarah tentang Pembangunan PT Garam terdahulu di kota Kalianget,” Tutupnya.

Tags : Cagar BudayaPT Garam PerseroSumenep

Leave a Response

*