close
NUSANTARA

Cegah Wabah Penyakit, Camat dan Kades Diminta Galakkan Jumat Bersih

PRN BANTAENG –— Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengeluarkan surat imbauan, Jumat, 24 Januari 2020. Surat per tanggal 22 Januari itu menginstruksikan beberapa poin penting untuk mewaspadai penyakit berbasis lingkungan di Bantaeng.

Dalam surat edaran bernomor 004/15/Dinkes/I/2020 itu, Ilham Azikin menginstruksikan enam poin penting. Poin pertama adalah meminta untuk melakukan gerakan jumat bersih yang dikoordinir langsung oleh pimpinan kewilayahan mulai dari Camat, Lurah, dan kepala desa.

Poin lainnya adalah menginstruksikan untuk melakukan perbaikan sanitasi dasar dan air minum. Kegiatan ini dikoordinir oleh dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup dan PDAM Bantaeng.

“Ketiga, melakukan kegiatan promotif dan preventup terhadap penyakit lingkungan akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dan gerakan masyarakat untuk hidup sehat (Germas) yang dikoordinir oleh dinas Kesehatan,”

Selain itu, poin lainnya dalam surat itu adalah meminta kepada semua pihak untuk menemukenali lebih awal penyakit berbasis lingkungan untuk dapat diberikan perawatan yang holistik dalam upaya memutus mata rantai penularan penyakit.

Poin kelima adalah melakukan pengendalian vektor penularan penyakit berbasis lingkungan berdasdarkan hasil pemetaan dan kejadian kasus di masyarakat.

Sedangkan poin terakhir adalah meningkatkan kebersihan lingkungan, kebersihan pangan dan kebersihan perorangan dalam upaya pencegahan penularan penyakit.

“Demikian imbauan ini untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tulis Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin melalui surat edaran itu.(syam)

Tags : BantaengGalakkan Jumat Bersih

Leave a Response

*