close
LAWAN KORUPSI

PKH Wilayah Ngronggot “Kebalik” Si Kaya Dapat Si Miskin Gigit Jari

PRN NGANJUK | Harapan Pemerintah Pusat terhadap program Keluarga Harapan dan Bantuan Non Tunai (BPNT) adalah tepat sasaran terhadap warga yang benar-banar layak mendapatkan apalagi disaat  pandemic covid-19 rakyat miskin sangat membutuhkan, namun fakta dilapangan berbicara berbeda terutama di wilayah desa Trayang kecamatan Ngronggot Nganjuk, warga dengan kondisi ekonomi dapat dibilang cukup dan memiliki rumah yang layak huni mendapatkan PKH dan lain-lain, sedangkan warga yang keseharian bekerja sebagai tukang isi korek di pasar Kertosono dan cacat malah tidak pernah mendapatkan bantuan apa-apa. Ada apa dengan data yang dibuat desa Trayang ?

Perihal miris ini berdasarkan penelusuran wartawan Pena Rakyat News saat bertemu dengan Rafiah (53) dikediamannya dusun Nglerep desa Trayang Ngronggot yang kesehariannya sebagai buruh tani sedangkan suaminya sebagai tukang isi korek di pasar Kertosono.

Rafiah sempat berbangga diri diwaktu tahun 2019, pasalnya dirinya di Validasi buku tabungan Bank BRI (Tabunganku) dengan nomor rekening 6420-01-003899-5x-x yang katanya nantinya akan menerima bantuan dari dinas social melalui rekening tersebut, namun semenjak itu pula Rafiah sama sekali belum mendapatkan bantuan apa-apa dan yang lebih parahnya lagi menurut ketua kelompok katanya belum ada bantuan turun.

Kartu Keluarga Sejahtera hanya sebagai Hiasan

“Saya sudah pernah di data oleh perangkat desa dan diundang rapat seluruh anggota dan kelompok tapi saya selama ini belum pernah mendapatkan bantuan apa-apa bahkan rumah ketua kelompok kami saja yang tergolong rumah mewah didesa sudah ada cat tanda penerima PKH” keluh Rafiah.

Sementara untuk memastikan data penerima bantuan awak media komfirmasi kepada Sulistiowati selaku ketua kelompok dan penerima berbagai bantuan pemerintah, menurut keterangan Sulistiowati yang rumahnya berkeramik kinclong dengan desain modern dan di tembok teras terpampang tulisan Penerima PKH menerangkan bahwa jumlah bantuan BNPT totalnya 158 KK, sedangkan PKH 28 KK, dan bantuan BNPT bila diuangkan senilai 200 ribu diterimakan dalam bentuk sembako, beras, minyak dan lain-lain.

Lebih lanjut menurut Kholik selaku kordinator dina social saat dikomfirmasi melalui whatsapp dirinya akan mengkroscek ulang datanya.

“atas nama siapa, nanti biar di check datanya” Pungkasnya. (Tobing/Farida)

Tags : Data DesaNganjuk

Leave a Response

*