close
OPINI

PERBEDAAN DANA DESA DENGAN ALOKASI DANA DESA

Oleh;

Iskandar Laka, S.H., M.H.

(Konsultasn Hukum Pena Rakyat News dan Dosen FH Universitas Yos Soedarso Surabaya)

Dana Desa dan Alokasi Dana Desa suatu hal yang urgen untuk dimengerti oleh masyarakat umum. Ada kemiripan pengertian antara Dana Desa dengan Alokasi Dana Desa yang seringkali belum banyak diketahui oleh masyarakat. Keduanya memang sama-sama diperuntukkan untuk kepentingan Desa dan menjadi sumber pendapatan Desa yang bersangkutan.

Perlu diketahui dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Thn. 2014 Pasal 1 angka (8) atau Permendagri No. 114 Thn 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa disebutkan bahwa; Pengertian Dana Desa atau disingkat DD adalah sebagai berikut;

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau biasa yang disebut dengan APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui Anggaran pendapatan dan Belanja daerah Kabupaten/Kota untuk membiayai pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Prioritas penggunaan Dana Desa selanjutnya biasanya akan diatur dalam peraturan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang terbit tiap tahun sebelum tahun anggaran berikutnya berjalan.

Jadi secara konkrit dapat dicontohkan misalnya sekarang adalah tahun 2021, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (PDDT) telah terbit pada tahun 2020.

Dana Desa merupakan suatu kewajiban dari pihak pemerintah pusat dalam hal ini APBN yang kemudian ditransfer melalui rekening kas desa dengan Kas umum Daerah dengan posisi sebagai penyimpanan umum sementara Dana Desa. Sementara peruntukan arah Penggunaannya akan diatur dalam Permendes PDTT.

Alokasi Dana Desa. Dalam Alokasi Dana Desa yang selanjutnya disebut ADD, adalah kewajiban bagi Pemerintah Kabupaten/Kota. Pemerintah Kabupaten/Kota melakukan alokasi kedalam APBN melalui dana perimbangan pastinya setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus yang selanjutnya disebut DAK untuk selanjutnya ditransfer ke rekening Kas Desa.

Alokasi Dana Desa tiap-tiap desa besarannya tidak sama. Hal tersebut tergantung kebijakan Pemerintah Kabupaten/Kota, dan tata cara yang telah diatur oleh pemerintah untuk kemudian dituangkan kedalam peraturan Bupati/Wali Kota.

Bagimana dengan Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa? Menurut Permendes No. 11 Thn. 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, sebagaimana dalam Pasal 5 ayat (1) dan (2) disebutkan bahwa;

Prioritas Dana Desa adalah untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Program dan kegiatan seperti yang tertuang dalam prioritas Penggunaan Dana Desa harus dan wajib memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat yang berupa; Peningkatan Kualitas Hidup; Peningkatan kesejahteraan; Penaggulangan kemiskinan; Peningkatan Layanan publik.

Kemudian bagaimana dengan Kegunaan Alokasi Dana Desa? Mengenahi kegunaan Alokasi Dana Desa telah diatur oleh pemerintah Kabupaten/Kota yang dimasing-masing Kabupaten/Kota tersebut tidak sama antara desa yang satu dengan yang lainnya tergantung prioritas daerah dimaksud.

Harap dimengerti bahwa Alokasi Dana Desa digunakan untuk: Tunjangan Kades dan perangkat Desa yang bersangkutan; Tunjangan BPD; Operasional RT; Operasional Pemerintah Desa; Insentif Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM); Dan lain-lain yang tentunya dimasing-masing kabupaten tidak sama, tergantung prioritas dari kabupaten tersebut.

Perihal tersebut telah diatur dan tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 11 Thn. 2019 Perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah No. 43 Thn. 2014 tentang Desa .

Maka agar menjadi perhatian bersama mengenahi Alokasi Dana Desa itu: Sumber APBD Kabupaten; Seputar mengenahi tunjangan dan Siltab Kades dan Perangkat Desa; Serta Lembaga Kemasyarakatan; Dan lain-lain sesuai prioritas Kabupaten masing-masing Daerah.

Adapun Dana Desa Digunakan untuk: Sumber APBN; Bidang pembangunan (Fisik / Non fisik); Bidang Pemberdayaan (Insentif / honor kader desa, Pelatihan-pelatihan, Bumdes, Dan Lain-Lain (silahkan lihat prioritas penggunaan DD) dalam pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam program pembangunan tersebut seperti misalnya; pembangunan infrastruktur dan pembangunan-pembangunan yang lainnya.

Sementara Program Pemberdayaan seperti; insentif guru PAUD hingga pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan dengan kebutuhan yang mendasar.

Dengan mengerti perbedaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa maka masyarakat tidak akan selalu curiga dan bahkan dapat turut serta terlibat bersama pamong desa dalam mengaplikasikan kebijakan tentang Dana Desa berikut pengalokasian Dana Desa yang diterima Desa.

Tags : DANA DESASurabaya

Leave a Response

Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021