24.8 C
Mojokerto
BerandaSOSIALKebangetan, Yatim-piatu dan Sakit Bertahun-tahun Tidak Menjadi Penerima Bansos

Kebangetan, Yatim-piatu dan Sakit Bertahun-tahun Tidak Menjadi Penerima Bansos

PRN SUMENEP | Sungguh sangat disesalkan atas kinerja Pemerintahan Desa Kalianget Barat, juga kebangetan dalam pendataan dan pengajuan penerima bansos Pemerintah Pusat, provinsi maupun kabupaten tidak diupayakan.

Sehingga, satu keluarga Yatim-piatu yang ke 4 adiknya masih duduk di bangku sekolah, janda beranak satu yang menafkahi lansia hanya dengan berjualan es kelapa muda, masyarakat kurang mampu yang sakit bertahun-tahun dan beberapa masyarakat miskin yang sudah tidak punya penghasilan di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, ujung timur pulau Madura, tidak pernah menjadi penerima bansos dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun kabupaten.

Sedangkan dalam kondisi terjadinya pandemi Covid-19 hingga PPKM seperti ini, semua kondisi perekonomian masyarakat dan negara morat-marit, tapi tidak ada upaya atau rasa sedikit pun kepedulian Kades Kalianget Barat kepada warganya yang benar-benar dalam kondisi kurang mampu.

Semua itu menunjukkan, bahwa kinerja Pemerintahan Desa Kalianget Barat yang dipimpin oleh Suharto selaku Kades kurang profesional, terkesan pembagian penerima bansos tebangpilih dan sistem pengelolaan ADD dan DD juga belum bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum Desa Kalianget Barat.

Sedangkan sebelumnya sudah berkali-kali disampaikan dari beberapa wartawan dan aktivis, serta langsung menyetorkan data/berkas keluarga Yatim-piatu dan warga kurang mampu tersebut kepada Kades, Camat dan Dinsos, serta juga sudah sempat disampaikan dan dibahas dengan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, tapi semua itu cuma hanya panggung sandiwara saja, realita di lapangan penerima bansos tetap hanya orang-orang terdekatnya.

Terbukti hasil investigasi media, penerima bansos hanya diprioritaskan orang-orang keluarga perangkat desa dan BPD, meskipun kondisi kehidupannya lebih mampu dari masyarakat yang belum menjadi penerima bansos.

Hingga berita ini tayang tidak ada tanggapan dari Kades Kalianget Barat, meskipun konfirmasi awak media melalui chat WhatsApp tertanda centang dua berwarna biru. (Erf)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya