31.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR MOJOKERTOMasifkan Pencegahan PMK, Koramil Dawarblandong & Distan Kabupaten Mojokerto Salurkan Bantuan

Masifkan Pencegahan PMK, Koramil Dawarblandong & Distan Kabupaten Mojokerto Salurkan Bantuan

PRN Mojokerto | Menyikapi Instruksi Bupati Mojokerto dr. Ikhfina Fahmawati, M.Si., berkaitan dengan perkembangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah menjangkit di 15 (lima belas) Kabupaten dan 8 (delapan) kota di wilayah Jawa Timur, termasuk Kabupaten Mojokerto, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto bersama Koramil 0815/08 Dawarblandong memberikan bantuan Disinfektan dan Vitamin C kepada perwakilan PPL UPT Distan Kecamatan di Pendopo Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (19/05/2022).
.
Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, drh. Agus Harjito mengungkapkan, dengan merebaknya wabah PMK, diharapkan warga segera melaporkan jika menemukan kejadian penularan pada hewan ternaknya.
.
“Dengan terbentuknya Posko Penanggulangan Wabah PMK disetiap wilayah kecamatan, yang unsurnya terdiri dari pihak Kecamatan, Koramil, Polsek dan Petugas Balai Penyuluh Pertanian (BPP), harapannya bisa memberikan respon yang lebih cepat kepada masyarakat dalam penanggulangan PMK ini,” ungkapnya.
.
Berdasarkan data yang kami peroleh, lanjutnya, penularan wabah PMK dari wilayah Kabupaten Gresik (dipasar hewan Balongpanggang Gresik), dan perkembangan kasus pertanggal 18 Mei 2022 sebanyak 1.400 kasus, terdiri dari hewan sakit sebanyak 1.201 ekor, hewan sembuh/terobati sebanyak 400 ekor, dan hewan mati sebanyak 21 ekor.
.
Sementara itu, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., berharap bantuan disinfektan sebanyak 25 liter dan vitamin C sebanyak 7.000 butir untuk masing-masing kecamatan, dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan dimaksimalkan. “Bantuan disinfektan dan vitamin ini tidak hanya diperuntukkan pada hewan ternak yang kondisinya sakit namun hewan ternak yang sehatpun sangat dianjurkan sebagai langkah atau upaya pencegahan”, tuturnya.

Selain untuk wilayah Kecamatan Dawarblandong, penyaluran disinfektan dan vitamin ini juga diperuntukan wilayah Kecamatan Jetis, Kemlagi dan Kecamatan Gedeg. Kegiatan ini dihadiri Wakapolsek Dawarblandong Iptu Bakir, Kasi Trantib Kecamatan Dawarblandong Drs. Abdul Ghofur, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto drh. Tutik, dan drh. Yuli, Perwakilan Petugas PPL UPT Distan masing-masing Kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas wilayah masing-masing. (Mahmudah)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya