close
METRO JABODETABEK

Kelurahan Periuk Jaya bersama Karang Taruna gelar Pelatihan Memandikan Jenazah

PRN Tangerang~Aparatur Kelurahan Periuk Jaya Kecamatan Periuk Kota Tangerang Banten bersama Karang Taruna, menggelar acara “Pelatihan Memandikan Jenazah” pada 27-28 Nopember 2019.

Lurah Periuk Jaya M Aam Hamdani SIP yang didampingi oleh Sekel Muhdi Komarudin S Pd dan Kasie Kemas Dra Ida Hamidah serta Ketua Katar Ahmad Sirojjudin S Pd I, secara resmi telah membuka acara tersebut di Aula Kelurahan Periuk Jaya, Rabu (27/11/2019).

Dalam kata sambutan nya Lurah Periuk Jaya M Aam Hamdani SIP menjelaskan, pelatihan ini sebagai salah satu upaya dari pihak kelurahan untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang tata cara memandikan jenazah kepada masyarakat.

Warga masyarakat harus bisa dan mampu serta harus mau belajar tentang salah satu fardu kifayah ini, khusus untuk pribadi, keluarga dan untuk masyarakat sekitarnya, agar pada saat ada yang memerlukan bantuan dapat secepatnya bisa membantu, kata Aam Hamdani.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari setiap RT/RW dan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Periuk Jaya, serta perwakilan Majelis Taklim.

Narasumber pada acara ini Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Periuk Drs H Muhamad Arif MA menyampaikan, beberapa kewajiban orang hidup terhadap orang islam yang telah meninggal.

Diantaranya Mentalqin orang yang akan mati atau sebelum mati dengan mengucapkan kalimat “Laailaaha illallooh”, karena barangsiapa yang menyebut Laailaaha illallooh diakhir umurnya, pasti dia masuk syurga pada suatu hari nanti, sekalipun dia menerima siksa yang pantas dari sebelumnya (H R : Ibnu Majah).

Pada hadits ini, kalimat MAUTA mengandung 4 makna yaitu : Orang yang sedang sakaratul maut, Orang yang sudah mati didalam kubur dan Orang yang sedang hidup dan pasti akan mati, serta Orang yang hatinya mati, lanjut H M Arif.

Disampaikan juga tentang bagaimana cara menutup mata dan badan mayit serta cara memandikan mayit (jenazah).

Drs H Muhamad Arif MA juga menjelaskan tentang beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam memandikan jenazah, serta tata cara menyolatkan nya.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Periuk Jaya Ahmad Sirojjudin S Pd I mengatakan, acara hari ini hanya pemaparan teori saja, sedangkan prakteknya akan dilaksanakan esok hari (Kamis, red).

Acara ini digagas oleh Pengurus Karang Taruna Kelurahan Periuk Jaya, seperti acara yang telah diselenggarakan sebelumnya, yaitu “Kampung Pemuda” dan “Pelatihan Satgas Narkoba”, pungkas Ahmad Sirojjudin.

(HARTONO)

Tags : Mandikan JenazahTangerang

Leave a Response

*