close
LAWAN KORUPSI

Kades Kalianget Barat Diduga ‘Pilih Kasih’ Penerima Bantuan Tampak Orang Terdekat

PRN SUMENEP | Begitu fantastis anggaran yang telah di kucurkan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan Desa untuk program bansos setiap tahunnya, program bansos tersebut diduga hanya diberikan untuk orang orang terdekatnya saja (pendukungnya), sehingga banyak warga di desa Kalianget Barat, kecamatan Kalianget, kabupaten Sumenep yang masih belum tersentuh bansos. Jumat 15/05/2020.

Dalam penulusuran awak media anggaran desa setiap tahunnya Rp. 1 Miliar lebih di desa Kalianget Barat belum menyentuh warga kurang mampu seperti, Zaitun (janda lansia, 01-02-1949), Hatijah (janda lansia, 30-06-1952), 4 orang bersaudara Yatim Piatu (3 orang yang masih sekolah), Mbah Suhadiyah (01-07-1932), semuanya warga dusun Kebun Kelapa Rt. 07 Rw. 03 desa Kalianget Barat, kecamatan Kalianget, kabupaten Sumenep, sampai saat ini tidak mendapatkan bantua sosial.

Dalam pantauan wartawan, Mbah Suhadiyah setiap hari hanya bisa berbaring di atas tempat tidurnya, dia sudah tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa dan tidak memiliki penghasilan, setiap hari untuk makan hanya tergantung pada Sahamar (saudaranya) yang hanya baru bekerja di RSI Kalianget sebagai harian lepas yang penghasilannya cuma pas-pasan, kadang masih kebingungan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Saya tidak pernah di beri bantuan sama sekali dari pemerintah Desa”. Jawab Suhadiyah yang didampingi saudaranya.

Selain itu Sahamar saudara dari Mbah Suhadiyah, sebagai pekerja harian lepas di RIS Kalianget dengan penghasilan pas pasan (selaku tokoh agama) juga mengeluhkan kinerja Pemerintahan desa Kalianget Barat. “Saya semenjak menjadi pemulung dan saudara saya tidak pernah mendapatkan bantuan apapun, cuma hanya di mintai foto copy KTP dan KK”. Keluh Sahamar pada awak media.

Rumah yang ditempati Mbah Suhadiyah dan Sahamar bergandengan, dinding rumahnya terlihat jelas batu bata dengan semin dan lantainya hanya plester semin saja yang sangat sederhana sekali, dan sangat layak sekali untuk mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan Desa.

Dimohon kepada M. Iksan Kapala Dinsos Sumenep, Carek desa Kalianget Barat jangan main blokir akses komunikasi dengan wartawan, karena semua itu bukti nyata bahwa masih banyak masyarakat yang kurang mampu belum tersentuh bansos, kerena diduga petugas lapangan tidak serius melakukan survei kepada masyarakat langsung, yang diduga hanya untuk orang terdekatnya (pendukung politik). (Erfandi).

Tags : SumenepTebang Pilih

Leave a Response

*