close
NUSANTARA

Narapidana Rutan Sambas Diberikan Pembinaan Kepribadian Dengan Latihan PBB

PRN SAMBAS |  Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sambas dalam rangka membentuk sikap, kedisiplinan, kekompakan, kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab serta rasa cinta tanah air, bangsa dan negara memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada Narapidana, Jum’at (03/07/2020).

Dengan Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) ini sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Di sinilah sebagai wadah narapidana untuk mengenal kedisplinan dan suatu latihan awal untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air bangsa dan negara.

Salah seorang petugas Rutan yang bertugas dibidang pembinaan, Erick menerangkan bahwasanya Pelatihan PBB ini merupakan salah satu program pembinaan kepribadian yang ada di Rutan Sambas. Dengan dilatihkannya PBB kepada narapidana ini diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB salah satunya meningkatkan kedisiplinan sehingga nanti mampu menerapkan selama menjalani pidana di dalam Rutan, sehingga bisa menjadikan contoh bagi narapidana yang lainnya. Selain itu pelatihan tersebut akan bermanfaat setelah nantinya bebas dari Rutan sehingga dapat diterapkan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“pelatihan PBB ini sangat bermanfaat bagi narapidana terutama untuk menumbuhkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air dan bangsa, walaupun sedang menjalani pidana rasa kebangsaan itu masih tetap tertanam di dalam dada mereka, dan yang paling penting mereka bisa menjadi contoh teladan bagi yang lainnya,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaannya pelatihan PBB ini dilakukan seminggu sekali dengan dibuatkan jadwal dan diatur secara berkelompok, kemudian untuk pelatih dan instruktur nya dari Petugas dan dibantu Narapidana yang sudah mengikuti pelatihan seperti Anggota Gugus Pramuka Rutan Sambas. Dengan pembinaan kepribadian seperti ini diharapkan narapidana memiliki kedisiplinan dan rasa cinta tanah air sehingga menyadari akan kesalahannya selama ini, mampu merubah diri ke arah yang lebih baik lagi. (Red)

Tags : Pembinaan NapiSambas

Leave a Response

*