close
LAWAN KORUPSI

Proyek Pavingisasi di Sumber Suko Rawan dan Tidak Transparan.

PRN PASURUAN | Proyek Pavingisasi di Gang Arema Rt 02 Rw 07 dusun Pucang Pendowo, desa Sumbersuko, kecamatan Purwosari, Pasuruan rawan korupsi dan tidak transparan. Selain tidak menyertakan papan proyek, pihak desa juga selalu berkelit ketika ditanya RAB. Selasa, 1/12/2020.

Suhanto(48) warga desa sekaligus pekerja proyek telah mencoba menanyakan anggaran proyek yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) mereka. Tanggapan pihak desa terhadap rasa ingin tahu warga ini tampaknya harus berujung pada kekecewaan.

“Kepala desa bungkam. BPD pun sama,” ungkap Suharto.

Kepada awak media, pria yang merupakan tokoh warga setempat ini menyampaikan kecurigaanya tentang proyek ini. Menurut informasi yang dihimpunnya, dana yang dianggarkan untuk proyek ini menelan biaya sekitar 66 juta.

Masih dalam keterangan Suharto, pria yang juga berprofesi sebagai tukang ini menduga biaya yang dibelanjakan tidaklah sesuai dengan RAB. Keyakinan ini cukup beralasan karena beliau terlibat langsung dalm proyek ini. Nilai belanja dalam RAB lebih besar dari pada realisasinya.

“Wong saya dan warga yang ngerjakan,” tegasnya.

Papan informasi proyek yang lazim sebagai bentuk transparansi pengelolaan dana masyarakat merupakan satu bentuk dukungan tentang keterbukaan informasi publik. Sayangnya sejak proyek ini dimulai sampai selesai tak ada etikad baik dari pemimpin desa untuk menyajikannya ke publik.

Menanggapi hal ini, PRNmencoba mengkonfirmasi ke perangkat desa. Namun sampai berita ini ditayangkan, awak media belum mendapatkan jawaban atas permasalahan ini. (Jae/tim)

Tags : PasuruanTidak Transparan

Leave a Response