26 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMMengenang Sejarah, Bangunan Kota Tua Kalianget Dijadikan Nongkrong Sepeda Onthel

Mengenang Sejarah, Bangunan Kota Tua Kalianget Dijadikan Nongkrong Sepeda Onthel

PRN SUMENEP | Guna mengenang Sejarah dan para pahlawan pejuang terdahulu, pecinta sepeda tua yang tergabung dalam Paguyuban Onthel Lososa (Polos) Kalianget, menjadikan gedung Sentral milik PT. Garam Kalianget sebagai tempat nongkrongnya. Senin sore, 2 Maret 2021.

Kegiatan nongkrong mereka dipergunakan untuk menjalin tali silaturahmi antar pecinta sepada onthel, agar generasi penerus bisa mengenang sejarah dan para pejuang terdahulu, serta memberikan motivasi membiasakan gaya hidup sehat berolahraga dengan mengonthel sepeda yang ramah lingkungan kepada generasi muda.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Shoiman Ketua Polos (Paguyuban Ontel Lososa) di Kalianget, komunitas pecinta sepeda tua yang berada di Kalianget ada 3 komunitas.

“Pertama adalah Polos (Paguyuban Ontel Lososa) di Kalianget yang beranggotakan sekitar 60 orang, yang kedua adalah Sesepuh Madura (Kalimo’ok), ketiga adalah Torpedo (Kertasada),” ujar Shoiman karyawan PT. Garam Kalianget.

Shoiman membentuk komunitas Polos bertujuan untuk melestarikan Kota Tua yang ada di Kalianget agar tetap terjaga dan terpelihara.

“Tujuan kami dari awal untuk melestarikan bangunan Kota Tua yang ada di Kalianget, dengan dibarengi adanya paguyuban sepeda onthel ini, gedung tua yang memiliki sejarah dan sebagai cagar budaya ini identik nampak dengan ketuanya seperti jaman dahulu,”

Shoiman berharap kepada generasi muda Kalianget, agar bisa menjaga peninggalan sejarah dan harus lestarikan bersama, dari itu pihak PT. Garam pun sudah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Sumenep untuk dijadikan tempat destinasi wisata sebagai Kota Tua Kalianget.

(Erfandi)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya