23.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMKomnasdik Kab. Sumenep; Saatnya Reaktualisasi Kemerdekaan Belajar

Komnasdik Kab. Sumenep; Saatnya Reaktualisasi Kemerdekaan Belajar

PRN SUMENEP | Salah satu proses dalam mentransfer keilmuan adalah dengan cara belajar, dan proses pembelajaran tidak dituntut secara mutlak hanya dari guru kepada pelajar, dari dosen kepada mahasiswa, karena hal demikian hanya akan mencederai kemerdekaan dalam dunia pendidikan, Minggu 02/05/2021.

Sebab para pelajar jangan hanya didikte pemahamannya oleh para pendidik saja, sebab proses pembelajaran yang hanya satu arah itu akan memberikan implikasi kejenuhan kepada para pelajar.

Teguh Caesar Febrian. M. Pd, Sebagai guru dan komnasdik kabupaten Sumenep menyampaikan, sudah saatnya reaktualisasikan kemerdekaan dalam proses belajar kepada para pelajar dengan menerapkan konsep Peer Education (pembelajaran teman sebaya), hal ini memberikan pemahaman bahwa proses pembelajaran bisa dari siapa saja dan dari mana saja tanpa harus ada intimidasi total pembelajaran satu arah dari pendidik kepada pelajar.

“Konsep Peer education (pendidikan sebaya) merupakan suatu proses komunikasi, informasi dan edukasi yang dilakukan oleh kalangan sebaya yaitu kalangan suatu kelompok, dapat kelompok sebaya pelajar, kelompok mahasiswa yang masih sebaya. Kegiatan sebaya dipandang sangat efektif dalam rangka transformasi keilmuan yang lebih Humanis dan aktif, karena penjelasan yang diberikan oleh seseorang dari kalangannya sendiri akan lebih mudah dipahami,” ujarnya.

Teguh menambahkan, Peer education (pendidikan sebaya) dipandang sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah remaja (siswa/mahasiswa) karena penjelasan yang diberikan oleh seorang kelompoknya sendiri akan lebih mudah dipahami. Pendidikan lebih bermanfaat, karena alih pengetahuan dilaksanakan oleh antar kelompok sebaya mereka sehingga komunikasi menjadi lebih terbuka. Hal-hal yang tidak dapat dibicarakan bersama termasuk yang sifatnya sensitif dapat didiskusikan secara terbuka diantara mereka.

“Sehingga dengan demikian, Peer Education (pendidikan sebaya) ini akan memberikan dampak yang lebih aktif bagi para pelajar dalam proses pembelajaran dengan tetap dibawah pengawasan seorang pendidik. Dalam artian seorang pendidik hanya menjadi fasilitator dan kontroling terhadap para pelajar sehingga para pelajar lebih merdeka dan proaktif dalam belajar. Dan pembelajaran sebaya ini memberikan peluang besar agar para pelajar bisa komunikatif dan aktif,” ucapnya.

(Erfandi)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya