27.8 C
Mojokerto
BerandaMETRO JABODETABEKVAKSIN KELILING DESA KECAMATAN CIBARUSAH

VAKSIN KELILING DESA KECAMATAN CIBARUSAH

PRN Bekasi  | 17 juni 2021 Pemerintah terus mempersiapkan pelaksanaan vaksin COVID-19 secara menyeluruh. Hal ini tidak bedanya dengan tempat lain yang terjadi di Kelurahan Cibarusah Jaya, Senin 14 Juni 2021.

Tentang Kesiapan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Yang sekarang ini lagi boming untuk program jemput bola dalam pelayanan vaksinasi dilakukan oleh Puskesmas maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya milik pemerintah dan swasta yang ditunjuk oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat yang pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan peraturan peundang-undangan.

“Kalo ini sih sebenernya kita sama, sebenernya mendekatkan target kesasaran ya, karena selama ini yang kita jalankan bersama kecamatan sama dipuskesmas, dipuskesmas udah dilakukan beberapa bulan sekali. Nah ini untuk penempatan sasaran kita memang dengan keliling masing masing desa . Lansia kadang aparatur pemerintah . untuk sama para lansia ya diatas 50 tahun kalo yang lansia diatas 60 tahun , kita prioritaskan tetapi untuk sekarang ini memang para lansia tuh yang diatas 50 tahun kita subsikan juga kalo untuk saat ini gitu, Ya karena kita substitusikan juga dan itu memang mengkordinasikan bersama kapolsek badan babin, yang biasanya beliau beliau menugaskan juga babinsa,bimaspol” Ujar Ibu Kepala Puskesmas Kecamatan Cibarusah yg kerap kali di panggil Nia.

Ditanyakan mengenai malam kegiatan dan update data pasien covid di Kecamatan Cibarusah “Kegiatan kami yak pa ya, vaksin intinya sih gitu aja karena untuk sekarang kriteria tertentu, tetapi nanti lanjut ke masyarakat umum untuk saat ini dicibarusah ada 64 kasus yang terkonfirmasi positif ya,yang termasuk data kami ya” tambahnya.

Dinas kesehatan daerah kebupaten/kota juga mengoptimalkan kegiatan surveilans COVID-19 termasuk pelaporannya.

Sedangkan saat ditemui Kapolsek Cibarusah AKP Josman Harianja yang terpantau di lokasi vaksin menyampaikan “Dan dengan adanya kegiatan vaksinasi ini mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.”

Dan tanggapan dari Babinsa Kecamatan Cibarusah tentang kegiatan ini “ya sangat bagus.” Ujarnya.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang akan melaksanakan rujukan meliputi Puskesmas dan jaringannya, rumah sakit dan klinik milik pemerintah, Untuk memastikan pelaksanaan rujukan tersebut berjalan baik, diperlukan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan.

Dalam sistem pembagian vaksinasi Covid-19, kalangan masyarakat lanjut usia (lansia) berusia di atas 60 tahun ke atas jadi prioritas. Bukan tanpa sebab, lansia termasuk kelompok rentan karena kekebalan tubuh yang semakin menurun seiring bertambahnya usia

“Kegiatan untuk warga cibarusah jaya Mungkin dalam kegiatan ini kita sasarannya acuanya yang pertama aparatur pemerintah desa melalui kepala desa sampai RT RW langsung yang perlu dilaksanakan vaksin kemudian posiayandu,lansia 50 sampai 60 tahun ke atas , harapan kami bisa terwujudnya masyarakat desa cibarusah jaya pada umumnya sehat dan terbebas dari virus covid-19 unuk menambah daya tahan tubuh atau daya imun warga desa cibarusah jaya khususnya mudah mudahan bisa menekan laju pertubuhan atau penyebaran virus covid diwilyah desa cibarusah jaya dan terakhir puskesmas , bapak kapolsek, pantia sehingga aturan tersebut bisa dilaksanakan dengan lancar dan baik”. Ujar sekertaris desa

Pak Suep pria paruh baya berusia 80 tahun salah satu warga menyapaikan “ enak setelah vaksin, gratis tidak membayar”

Aktifia pemuda Desa Cibarusah Jaya Bang Nandang yang kebetulan Ketua Karang Taruna Desa Cibarusah Jaya menyampaikan “jadi menurut saya, kegiatan tersebut adalah salah satu bentu kepedulian masyarakat dari pemerintah, karena dari pemerintah pusat saat ini telah menggalakkan vaksinasi, melalui program keliling dari desa-ke desa. Ini sangat membantu untuk mencegah terpaparnya covid-19.”

(Imbran Bachtiar H.)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya