32.8 C
Mojokerto
BerandaHIBURAN, SENI & BUDAYAJangan Membuang Sampah Disembarang Tempat, Sumenep Akan Menjadi Kota Bersih Dan Indah

Jangan Membuang Sampah Disembarang Tempat, Sumenep Akan Menjadi Kota Bersih Dan Indah

PRN SUMENEP | Masyarakat diminta untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat khususnya di sepanjang sungai, agar Sumenep bisa menjadi Kota bersih dan indah dan tidak lagi dilanda banjir, Jum’at 10/09/2021.

Kebersihan merupakan tanggungjawab kita semua, karena kebersihan sebagian dari iman, berarti tidaklah beriman seorang muslim jika dia tidak peduli terhadap kebersihan. Air sungai sangat dibutuhkan oleh kita semua, karena itu kita semua wajib untuk menjaga kebersihan air di sungai dari pembuangan sampah dan kesuciannya dari najis dan hadas.

Akibat pembuangan sampah yang menumpuk di sungai akan menghambat aliran air si sungai, yang nantinya akan mengakibatkan banjir di sekitar kota Sumenep di kala musim hujan.

Karena dari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus melakukan normalisasi sungai dengan melakukan kegiatan pekerjaan pengerukan sedimentasi sungai yang ada di Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut itu merupakan pemeliharaan berkala yang rutin dilakukan Pemkab Sumenep melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kab. Sumenep.

Kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat khususnya di sepanjang sungai, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Sumenep Chainur Rasyid, melalui Kepala Bidang Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Kab Sumenep, Nor Risal Ambiya, menyesalkan perbuatan tersebut, karena sampah yang menumpuk di sungai nantinya akan berdampak pada kita semua dikala musim hujan datang akan terjadi banjir.

“Kami sangat prihatin, kenapa semua sungai di jadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat Sumenep, karena disaat musim hujan datang akan menimbulkan resiko kepada kita semua hingga terjadinya banjir, karena disebabkan aliran sungai terhambat dengan penumpukan sampah,” ujar Nor Risal Ambiya saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis, 09/09/2021.

Untuk mengatasi banyak sampah yang dibuang ke sungai, pihak PU SDA Kabupaten Sumenep kedepannya akan melibatkan berbagai elemen dari stakeholder agar bersinergi dengan elemen masyarakat, mengharapkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai lagi.

“Nanti kita bersama sama untuk membuat sistem bagaimana caranya agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai. Untuk itu semua dari pihak terkait seperti DLH, DPMD Kabupaten Sumenep dengan melibatkan Pemerintah Desa untuk bisa berkolaborasi dalam penanganan sampah masyarakat, karena di Pemerintahan desa ada anggaran DD dan ADD yang bisa dialokasikan untuk pembuatan tempat sampah masyarakat dan pengangkutannya,” ucap Nor Risal.

Intinya ke depan bagaimana sampah masyarakat Sumenep tidak lagi membuang disembarang tempat, hal itu yang menjadi keinginan bersama agar Kabupaten Sumenep bersih dari sampah, sehingga Sumenep menjadi bersih, enak dipandang, tidak kumuh dan bau. Kalau sudah bersih antinya Kota Sumenep akan didatangi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumenep menjadi betah.

“Ini PR besar buat kita semua selaku Pemerintah, bagaimana untuk menginduksi masyarakat agar tidak lagi melakukan pembuangan sampah disembarang tempat khususnya pada sungai, kalau perlu pihak Satpol PP juga bisa dilibatkan selaku penegak Perda,” tegas Nor Risal yang masih berjiwa muda, yang menginginkan Kabupaten Sumenep menjadi lebih baik lagi.

Langkah awal yang nantinya dia lakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan melibatkan pihak Pemerintahan Desa untuk mengedukasi masyarakat nya akan pentingnya kebersihan lingkungan demi untuk kesehatan kita bersama, setelah itu langkah selanjutnya harus ada tindak lanjut dari sosialisasi, agar membuahkan hasil untuk perubahan di Sumenep menjadi bersih dan indah.

(ERFANDI)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya