24.8 C
Mojokerto
BerandaHUKUMGudang Tembakau di Tanggulangin Tak Bernama, Diduga Tak Berizin Dikeluhkan Warga

Gudang Tembakau di Tanggulangin Tak Bernama, Diduga Tak Berizin Dikeluhkan Warga

PRN SIDOARJO | Gudang tembakau di Desa Kalitengah RT.03/RW.01, Kec. Tanggulangin, Sidoarjo di duga tidak mengantongi Izin. Warga sekitar keluhkan aroma menyengat dan air limbah yang dibuang ke selokan. Selasa (23/11/2021).

Kebiasaan merokok masyarakat membuat tembakau masih dijadikan komoditi perdagangan oleh pelaku usaha pabrik rokok. untuk itu para tengkulak tembakau berupaya memiliki gudang untuk menyimpan stok barang tembakau yang cukup, demi memenuhi permintaan produsen pabrik rokok.

Namun, tempat penyimpanan atau gudang tembakau haruslah tetap memiliki ijin. seperti halnya dari penelusuran LSM telah menemukan satu gudang tembakau di desa Kalitengah RT.03 RW.1 kecamatan Tanggulangin Sidoarjo yang tidak memiliki ijin.

Pertanyaan terkait perijinan gudang rokok yang memiliki 12 tenaga kerja harian lepas ini, disampaikan oleh Cak Is Pihak LSM Bidik SIB, kepada mandor gudang tembakau Mahfud dan Supervisor gudang Abah Syamsul dan mereka tidak bisa menunjukkan Surat Perizinan gudang tembakau tersebut.

“Selama ini belum ada petugas dari dinas terkait yang datang ke gudang tembakau ini, untuk memberikan arahan dan pembinaan usahanya. mangkanya terkait itu (perijinan) kami tidak tau,” ujar H. Samsul.

Kepada awak media, Samsul menyampaikan bahwa pemahaman nya terkait perizinan gudang berkapasitas sekitar 1 atau 2 ton tidak memerlukan izin namun cukup persetujuan dari   lingkungan sekitar saja.

Keterangan yang sedikit berbeda disampaikan oleh Nanang, warga yang berdomisili di sekitar gudang tembakau. Ia mengeluhkan aroma menyengat yang keluar dari gudang.

“bikin sesek, ditambah lagi ada aliran air yang berasal dari gudang mengalir ke got saluran warga, diduga hasil dari proses olahan dari dalam,” imbuhnya. (kin)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya