31.8 C
Mojokerto
BerandaHIBURAN, SENI & BUDAYASedekah Desa Wujud Gotong-Royong Dan Kecintaan Dalam Melestarikan Tradisi DiDesa PuriSemanding Kecamatan...

Sedekah Desa Wujud Gotong-Royong Dan Kecintaan Dalam Melestarikan Tradisi DiDesa PuriSemanding Kecamatan Plandaan

PRN Jombang | Sedekah Desa adalah tradisi yang biasanya dilaksanakan untuk mengenang dan mengirim doa kepada Nenek Moyang (ngalap berkah). Sedekah meminta keselamatan, keberkahan dan kemakmuran Desa Puri Semanding Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, pada hari Kamis pahing 26/05/2022 siang.

“Acara Ini dilaksanakan setahun sekali, yang dimana berupa Tasyakuran dengan menyediakan tumpeng, yaitu Doa bersama warga Desa Puri Semanding dengan membawa hasil bumi dan tumpeng masing-masing, dilanjutkan acara hiburan electone. Tradisi sedekah Desa diadakan di Pendopo Balai Desa Puri Semanding dengan dihadiri oleh: seluruh perangkat Desa Puri Semanding, Camat Plandaan beserta jajaran, BPD, Koramil beserta anggota, Kapolsek beserta anggota, RT dan RW, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.”

“Dalam sambutan Kepala Desa Nurbata, S.E seperti waktu-waktu sebelumnya, setiap tahun pada bulan Mei di desa kita tercinta ini selalu menyelenggarakan acara sedekah desa yang secara serentak dilakukan oleh semua warga desa Puri Semanding Sedekah desa atau biasa disebut dengan acara bersih desa adalah salah satu warisan tradisi dan kebudayaan yang harus kita jaga dan lestarikan bersama. Sedekah Desa merupakan wujud ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rejekinya kepada kita semua, terutama warga desa Puri Semanding.”

“Pada kesempatan yang sama Sambutan dari Camat plandaan Suparno menyampaikan sedekah desa merupakan sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat di jawa, Sedekah Desa berarti niat bersedekah untuk kesejahteraan bumi. Bersedekah merupakan bentuk ucapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Alloh, bersedekah juga dapat menjauhkan diri dari sifat kikir dan dapat pula menjauhkan diri dari musibah. Bersedekah juga merupakan sarana Ber Do’a memohon kepada sang Pencipta. Sedang tujuan dari Kegiatan masyarakat tersebut untuk menyampaikan rasa syukur kita bersama, ucap Camat.”

“Sedekah Desa berjalan tertib dan khidmat dan dilanjutkan dengan acara hiburan electone semoga tradisi seperti ini akan terus di jalankan oleh penerus Desa yang akan datang”. (End jmbng)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya