30.8 C
Mojokerto
BerandaLAWAN KORUPSITerkesan Ada Main Mata Pejabat, Banyak Pekerjaan Proyek Di Sumenep Tidak Memasang...

Terkesan Ada Main Mata Pejabat, Banyak Pekerjaan Proyek Di Sumenep Tidak Memasang Papan Nama

PRN SUMENEP | Terkesan ada pembiaran dari pejabat terkait, bahwa banyak pekerjaan proyek yang ada di Kabupaten Sumenep ditemukan tidak memasang papan nama proyek.

Hal itu diduga ada kesengajaan dan permainan dari pelaksana proyek dengan pejabat Pemerintah terkait untuk tidak memberikan informasi publik kepada masyarakat terkait informasi tentang nomor dan tanggal IMB, lokasi kegiatan pembangunan, jenis kegiatan, data teknis bangunan, identitas pemilik, perencana, pengawas dan pelaksana pembangunan proyek tersebut.

Berdasarkan temuan Tim media dan LSM, hampir semua pekerjaan proyek di Sumenep pemasangan papan nama proyek disembunyikan dari pandangan masyarakat, kadang malah tidak terlihat pemasangannya papan informasi tentang proyek tersebut.

BACA BERITA INI; https://penarakyatnews.id/2021/08/31/proyek-tidak-jelas-di-desa-padike-tidak-sesuai-spesifikasi-teknis/

Hal itu diakui oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Sumenep, Kabid Teknik Dinas PU Bina Marga Sumenep Agus Adi Hidayat saat dikonfirmasi oleh sejumlah Wartawan dan LSM di ruang kerjanya, bahwa pekerjaan proyek tidak memasang papan nama proyek sebagai keterbukaan informasi publik pada masyarakat sudah biasa yang terjadi di Kabupaten Sumenep, Senin 30/08/2021.

“Biasa kalau papan nama itu tidak dipasang dan biasanya kalau mau selesai pekerjaan baru dipasang, kadang diawal pekerjaan juga dipasang,” ucap Agus dengan santai yang seolah aduan sejumlah Wartawan dan LSM tidak begitu penting.

Kadis PU Bina Marga Sumenep Ir. Eri Susanto, M.Si, juga menanggapi bahwa kalau tidak memasang papan nama proyek, tidak menjadi batalnya pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut.

“Apa menjadi batal pekerjaan proyek tersebut bila tidak memasang papan nama proyek,” jawab Eri Susanto.

Jawaban dari kedua pejabat Pemerintah tersebut yang digaji dari uang rakyat, Ir. Eri Susanto, M.Si Kadis PU. Bina Marga Sumenep dan Kabid Teknik Dinas PU Bina Marga Sumenep Agus Adi Hidayat, membuat sejumlah Wartawan dan LSM menggelengkan kepala dan menilai Kadis dan Kabid tersebut tidak menunjukkan sikap yang profesional sebagai Kepala atau seorang Pimpinan kepada Wartawan dan LSM.

Sikap Kadis dan Kabid terkesan melindungi pihak pelaksana proyek yang tidak memasang papan nama proyek sebagai keterbukaan informasi publik. Sedangkan Wartawan dan LSM dalam menjalankan tugas profesinya untuk mengkontrol dan mengawasi dalam pelaksanaan pekerjaan proyek dan penggunaan anggarannya.

Menurut keterangan yang dihimpun dari Agus Adi Hidayat, bahwa proyek pekerjaan pemadatan jalan raya di lingkar bandara menggunakan anggaran perencanaan belanja daerah (APBD) Kabupaten Sumenep tahun 2021 senilai kurang lebih 4 milyar, yang dimenangkan tender oleh CV dari Kabupaten Sampang. Sedangkan proyek tersebut di kerjakan oleh orang lain bukan dari CV tersebut selaku pemenang tender, (Erf/Tim).

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya