29.9 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMDosen STIE YAPAN Surabaya Melakukan Pelatihan Aplikasi Komputer Siswa SMK Prapanca 2,...

Dosen STIE YAPAN Surabaya Melakukan Pelatihan Aplikasi Komputer Siswa SMK Prapanca 2, sebagai bentuk Pengabdian Masyarakat

PRN Surabaya | Surabaya – Arief Nurdiannova Qurochman selaku dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)YAPAN menyampaikan pentingnya Peningkatan kompetensi siswa SMK Prapanca2 khususnya dalam bidang akuntansi dan manajemen keuangan dalam hal pemahaman dan keahlian terhadap aplikasi komputer akuntansi yang berkembang sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalampenyelesaian transaksi keuangan lsuatu entitas atau bisnis dan untuk pembelajaran siswa dilaksanakan Mulai 8 Agustus – 24 Oktober.

Bertempat : Di Lab Komputer SMK Prapanca2 Surabaya Senen(28-10-2024).

Arief mengungkapkan bagi siswa SMK yang akan memasuki dunia kerja atau pendidikan lanjutan. Salah satu aplikasi komputer yang cukup banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Accurate Accounting versi 5. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna baik siswa maupun pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun yang berskala besar dalam menjalankan usahanya melalui pengelolaan transaksi keuangan. Aplikasi ini juga sesuai menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Untuk memahami aplikasi tersebut perlu dilaksanakan sebuah pelatihan.

Arief Nurdiannova Qurochman selaku dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN (STIE YAPAN) dan sebagai ketua pengusul kegiatan pelatihan ini menyatakan bahwa pelatihan yang berjudul Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Melalui Pelatihan Aplikasi Komputer Accurate Accounting ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dari dosen-dosen STIE YAPAN dari program studi akuntansi dan manajemen konsentrasi keuangan serta mahasiswa dari program studi manajemen yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kompetensi siswa SMK Prapanca 2 Surabaya dari program studi akuntansi melalui pelatihan komputer akuntansi Accurate Accounting versi 5 supaya siswa memiliki bekal ketrampilan yang cukup terhadap aplikasi komputer akuntansi tersebut di dunia kerja maupun pada pendidikan yang lebih tinggi.

Lanjutnya Pelatihan ini masuk dalam program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh DRTPM Kemdikbudristek tahun 2024 dengan skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dengan ruang lingkup Pengabdian Masyarakat Pemula.

Sambungnya kegiatan Pelatihan ini sebagai bentuk kerjasama antara STIE YAPAN dengan SMK Prapanca 2 Surabaya dengan mengikutsertakan siswa SMK Kelas XI dan XII program studi akuntansi yang didampingi oleh guru – guru dari program studi akuntansi. Pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka di laboratorium komputer SMK Prapanca 2 seminggu sekali pada bulan Agustus sampai Oktober tahun 2024 ujar (Arief).

Kegiatan ini telah berjalan dengan baik dan lancar atas kerjasama antara kedua belah pihak dan dukungan dari DRTPM Kemdibudristek. Semua siswa juga mengikuti pelatihan dengan baik dan antusias. Nadia Rizka Febrianti selaku guru akuntansi SMK Prapanca 2 juga menyatakan kesannya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dan berharap ada kegiatan serupa pada kesempatan lain Pungkas Arief.(sae)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini