29.3 C
Mojokerto
BerandaNUSANTARADorong Green Logistics, KAI Logistik Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Moda KA

Dorong Green Logistics, KAI Logistik Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Moda KA

PRN Jakarta l Jakarta, 29 Oktober 2024 – Dalam rangka mendukung inisiatif global dan nasional untuk pengurangan emisi karbon, PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) kian memperkuat komitmennya dalam mendorong penerapan green logistics dengan mengajak para pelaku usaha untuk berkolaborasi mewujudkan sistem logistik yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu wujud komitmen KAI Logistik terhadap green logistics ini, disampaikan kepada para pelaku usaha dalam acara Gathering Customer pada hari Selasa lalu (15/10) di Hotel Mercure Karawang. KAI Logistik meyakini bahwa untuk menjaga komitmen terhadap green logistics, kolaborasi antara semua pihak industri, termasuk pelaku usaha, sangat penting dalam menciptakan solusi logistik yang berkelanjutan dan menguntungkan secara bisnis.

Pendekatan bisnis ramah lingkungan tidak hanya memberikan manfaat bagi planet, tetapi juga menghadirkan efisiensi dalam biaya operasional dan kinerja logistik. Inisiatif ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sesuai dengan target yang tercantum dalam Enhanced Nationally Determined Contribution (E-NDC) yang menargetkan pengurangan emisi GRK sebanyak 32% atau 358 juta ton CO2 dengan usaha sendiri, hingga 41% atau sebanyak 446 juta ton CO2 dengan dukungan
internasional pada tahun 2030 mendatang.

Pada tahun 2022, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil emisi Gas Rumah Kaca (GRK)
terbesar ketujuh di dunia, dengan total emisi mencapai 1,24 gigaton setara karbon dioksida
(Gt CO2e). Sektor transportasi menyumbang 159 juta ton CO2 atau sekitar 94,69% di antaranya berasal dari transportasi darat. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengurangi emisi sektor transportasi termasuk transportasi barang, salah satunya melalui strategi “Shift” atau melalui peralihan penggunaan moda ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan, salah satunya Moda KA.

Pada kesempatan yang lain, Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyampaikan
bahwa moda kereta api memiliki peran strategis dalam mendukung penerapan green logistics di sektor transportasi. “Satu rangkaian kereta api kontainer mampu mengangkut hingga 30 gerbong datar, setara dengan 60 truk berkapasitas 20 ton. Dengan beralih ke moda transportasi kereta api, kita tidak hanya membantu mengurangi emisi karbon, tetapi juga menjaga infrastruktur jalan dengan mengurangi beban berlebih. Pada sisi ekonomi, juga menekan biaya pemeliharaan jalan,” jelas Fredi.

Komitmen green logistics sendiri telah mendapatkan tanggapan positif dari para pelaku usaha
yang semakin serius dalam memanfaatkan moda transportasi kereta api sebagai solusi logistik yang lebih ramah lingkungan. Hal ini tercermin dari meningkatnya kinerja volume angkutan kontainer KAI Logistik hingga September 2024 yang mencapai sekitar 1,7 juta ton, meningkat sebesar 14% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023 yaitu 1,5 juta ton. “Kenaikan ini mengindikasikan bahwa pelaku usaha semakin tertarik untuk beralih ke
transportasi yang lebih berkelanjutan, terutama pada rute-rute strategis seperti Trans-Jawa,” ungkap Fredi.

Di samping itu, KAI Logistik mencermati perkembangan kebijakan pajak karbon yang saat ini
sedang dalam penggodokan dan dijadwalkan akan diberlakukan pada tahun 2025 mendatang. Kebijakan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pelaku usaha untuk berinvestasi dalam solusi logistik yang berkelanjutan. “Dengan tagline KAI Logistik, ispossible! atau memiliki arti sebagai semua mungkin bersama KAI Logistik. Kami mengundang pelaku usaha di berbagai sektor untuk bersama memprioritaskan pengurangan emisi karbon dan berkontribusi dalam mewujudkan solusi logistik yang efisien dan bertanggung jawab terhadap lingkungan,” tutup Fredi.

Tentang PT Kereta Api Logistik
PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik
berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis hingga layanan door to door service untuk
memberikan pelayanan yang excellent bagi Pelanggan. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis
sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End
Services”. Mengusung tagline KAI Logistik, ispossible! yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI
Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express,
KALOG Plus dan KALOG Pro.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang
telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI
Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta
layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa
layanan  distribusi logistik. Informasi lebih rinci dapat diakses melalui www.kalogistics.co.id

Sumber : PR KAI

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini