32.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMNgawi Specta Carnival 2024, Menampilkan Kekayaan Budaya dan Potensi Daerah

Ngawi Specta Carnival 2024, Menampilkan Kekayaan Budaya dan Potensi Daerah

PRN Ngawi | Ngawi, 31 agustus 2024. Ngawi Specta Carnival 2024 kembali digelar dengan semarak di Kabupaten Ngawi. Acara tahunan yang menjadi ajang unjuk budaya dan potensi daerah ini diikuti oleh 17 perserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Ngawi, Bank Jatim, peserta dari Bantul, 5 peserta dari SMP, 7 peserta dari SMA/SMK, serta 2 peserta dari Koordinator Wilayah Korwil Barat dan Korwil Timur. Dengan tema “Wujud Budaya Ngawi, Negeri Pangan/Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi,” Carnival ini menampilkan beragam kekayaan budaya lokal dan potensi pertanian Ngawi.

Ony Anwar Harsono Bupati Ngawi mengatakan dalam sambutanya “Mengapresiasi penuh pada peserta Ngawi Specta Carnival 2024. dengan tema Wujud Budaya Ngawi Negeri Pangan Berkelanjutan Ngawi jadi lumbung pangan, sehingga jadi Negeri gemah ripah loh jinawi. Dengan Semangat HUT RI 79 akan tumbuh semangat gotong royong dan guyub rukun, start Jalan PB Sudirman Depan SDN Margomulyo 2, dan finish Jalan Ayani Depan Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi. ”

Carnival ini menjadi ajang bagi berbagai pihak, untuk memperlihatkan kreativitas mereka dalam mengolah tema tersebut. OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi menampilkan ragam hasil pertanian yang menggambarkan kearifan lokal serta keunggulan pangan daerah. Sementara itu, peserta dari Bantul memberikan sentuhan seni budaya khas Yogyakarta, menambah warna pada rangkaian acara. Sekolah menengah pertama dan atas di Ngawi juga turut berpartisipasi dengan menampilkan karya seni dan tari-tarian yang syarat dengan nuansa tradisional.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, panitia berkolaborasi dengan berbagai instansi keamanan. TNI, Polres Ngawi, Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi, bersinergi menjaga ketertiban selama jalannya Carnival. Kehadiran mereka memberikan rasa aman bagi peserta dan penonton Puluhan ribu yang memadati rute carnival yang berlangsung dari sore hingga malam hari.

Ngawi Specta Carnival 2024 tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat, tetapi juga menjadi sarana promosi budaya dan potensi daerah kepada khalayak yang lebih luas. Dengan mengusung tema “Wujud Budaya Ngawi, Negeri Pangan Berkelanjutan/Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi,” acara ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan kekayaan budaya dan potensi agraris yang dimiliki Kabupaten Ngawi.

Sumarsono ketua panitia Carnival menambahkan “Kesuksesan penyelenggaraan Ngawi Specta Carnival 2024 tahun ini, diharapkan semua bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain, untuk menggelar acara serupa. Dengan partisipasi yang semakin luas dan dukungan dari berbagai pihak, Carnival ini diharapkan terus berkembang menjadi acara tahunan yang dinanti-nanti dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Ngawi. Juara 1 tingkat SMP diraih SMPN 5 Ngawi, Juara 2 SMPN 2 Ngawi, Juara 3 MTSN 3 Ngawi. Untuk tingkat SMA/SMK, Juara 1 SMKN 2 Ngawi, Juara 2 SMAN 1, Juara 3 SMAN 2 Ngawi,” tutupnya. (Jatmiko)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini